Masih Berpotensi Hujan Disertai Petir, BNPB: Warga di Maluku Tengah Diimbau Waspada

Share:

ilustrasi cuaca ekstrim

satumalukuID - BNPB mengimbau masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

Imbauan itu disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari merujuk prakiraan cuaca BMKG untuk tiga hari ke depan (13/7/2023) yakni wilayah Maluku Tengah masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir.

Mengantisipasi potensi risiko yang diakibatkan bencana hidrometeorologi, warga dapat melakukan upaya kesiapsiagaan dini. Diantaranya dengan menyiapkan tempat-tempat evakuasi sementara berbasis komunitas.

Menurut Abdul, warga diimbau melakukan evakuasi secara mandiri dan efektif apabila hujan terjadi lebih dari 1 jam dan jarak pandang kurang dari 150 meter.

“Apabila tidak dapat melakukan evakuasi, segera hubungi petugas untuk membantu proses evakuasi,” ujarnya dalam rilis tertulis, Selasa (11/7/2023).

Abdul juga melaporkan kerusakan jembatan Wai Tonetana akibat banjir yang menerjang wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku telah tertangani.   

"Kondisi terkini, kerusakan sudah berhasil ditangani oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dengan melakukan perbaikan di ujung jembatan," ujarnya. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini