Pemkot Ambon Tambah 2 Truk Sampah dan 1 Unit Mobil Bantuan Belanda

Share:

Salah satu armada baru pengangkut sampah Pemkot Ambon bantuan dari Pemerintah Belanda. -pemkotambon-

satumalukuID - Pemkot Ambon Tambah 2 Truk Pengangkut Sampah dan 1 Unit Mobil Bantuan Belanda

Guna menangani masalah membludaknya tumpukan sampah karena kurangnya armada pengangkut, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kini sudah menambah tiga unit mobil angkut.

Tiga armada baru tersebut, disediakan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon. Penambahan tiga armada itu melalui pengadaan 2 truk pengangkut sampah dan bantuan 1 unit mobil dari Pemerintah Belanda. 

Kepala DLHP Kota Ambon, Alfredo Hehamahua kepada pers Jumat (9/6/2023) menjelaskan, bantuan yang diberikan Pemerintah Belanda merupakan realisasi dari perjanjian kerjasama (MoU) antara Pemkot Ambon dan MVO Nederland (Sweepsmart)  yang dilakukan dua tahun silam, medio tahun 2021. 

"Satu unit mobil pengangkut sampah atau mobil compactor berkapasitas 5 ton ini merupakan realisasi dari kerjasama dua tahun lalu bersama Pemerintah Belanda lewat MVO Nederland Sweepsmart," jelas Hehamahua.

"Mobil ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan milik Pemkot, karena sudah dilengkapi dengan sistem teknologi pengangkut otomatis dimana sampah yang berada di TPS, bisa langsung dimasukkan ke dump dan di pres atau ditekan untuk selanjutnya dibawa ke TPS3R yang ada di TPA. Sehingga kadar muatan mobil tersebut dapat benar-benar maksimal," bebernya.

Selain mobil, pihak MVO Nederland juga memberikan bantuan lain, yakni 5 TPS beserta perlengkapannya dan 1 unit TPS3R kepada Pemerintah Kota Ambon. 

"Semua bantuan yang diberikan sudah tiba di Ambon, dan direncanakan baru akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Ambon pada tanggal 26 juni mendatang," katanya.

Sebelumnya, lanjut Kadis, awal tahun 2023 lewat pengadaan, DLHP juga menambah 2 unit armada dumptruck sampah yang pemanfaatannya untuk peremajaan mobil yang sudah berusia lanjut sekaligus menata jalur yang paling dibutuhkan untuk penanganannya. 

"Semoga dengan adanya penambahan beberapa unit arnada pengangkut, dapat membantu Pemkot mengatasi permasalahan sampah. Kami berharap, masyarakat juga dapat bantu Pemkot dengan lebih teratur waktu pembuangan serta lokasi pembuangan sampah tepat yang sudah disediakan Pemkot, demi kebersihan kota yang kita cintai ini," harap Hehamahua. (SM-12/NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini