Watubun Ganti Murad, Mercy Posisi Sekretaris, Nurna Ningsih Batjo Jabat Bendahara

Share:


satumalukuID - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri secara resmi telah menandatangani Surat Keputusan (SK) revisi atau penyesuaian komposi DPD PDIP Maluku pasca pemecatan Murad Ismail sebagai Ketua DPD.

SK DPP PDIP yang diperoleh media ini, Selasa (9/5/2023), bernomor 16-E/KPTS-DPD/DPP/V/2023 Tanggal 6 Mei 2023 tertulis Penyesuaian Struktur dan Komposisi DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku Masa Bakti 2019 - 2024 diteken oleh Megawati Soekarnoputri dan Sekjen nya Hasto Kristiyanto.

Komposisi baru dalam SK penyesuaian setelah Murad Ismail dicopot dan istrinya Widya Ismail pindah caleg ke Partai Amanat Nasional (PAN) itu, terjadi beberapa perubahan.

Diantaranya untuk posisi pimpinan DPD PDIP Maluku, posisi Pelaksana Ketua (Plt) ditunjuk Benhur George Watubun ST, untuk Sekretaris dijabat Mercy Christy Barends ST dan Bendahara adalah Nurna Ningsih Batjo S.Sos.

Untuk posisi Wakil Ketua ada belasan nama dalam SK tersebut, baik itu bidang Internal Partai, Bidang Pemerintahan dan Bidang Kerakyatan.

Dari belasan nama Wakil Ketua tersebut diantaranya Bidang Kehormatan yakni Ir Thobyhend Sahureka MT, Bidang Pemenangan Pemilu Ir James Maatita, Bidang Ideologi dan Kaderisasi Alex R. Tutuhatunewa SH MSi, Bidang Keanggotaan dan Organisasi Nancy Purmiasa SPd.

Sedangkan posisi Widya Ismail sebagai Wakil Ketua Bidang Politik diganti Jaffry Taihuttu SH yang sebelumnya jabat Wakil Sekretaris. Di Bidang Hukum HAM dan Undang-Undang diisi Samson Atapary SH, Bidang Perekonomian ditempati pengusaha Alfred Betaubun serta Bidang Kebudayaan dijabat Debi Puspita Latuconsina SE.

Juga ada dua nama kepala daerah di posisi Wakil Ketua yakni Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Benyamin Thomas Noach ST di Bidang Koperasi dan UMKM serta Bupati Buru Selatan Hj Safitri Malik SIP MSi di Bidang Keagamaan dan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Nama-nama Wakil Ketua Bidang lainnya yakni Johan Rahantoknam, Ir Irfan Hamka, Olivia Lasol, Muhamad Faisal Saihitua ST, Javet Jemmy Pattiselano, Greyce Margaretha Pattiasina SP, dan Junaidy Marasabessy.

Sedangkan untuk Wakil Sekretaris Bidang Internal dijabat Cayetanus Dharma Angwsrmase SIP serta Wakil Sekretaris Bidang Program diisi Zuhri Wael. Selain itu, posisi Wakil Bendahara ditempati Abdul Amin Buton SE.

"Iya benar sudah ada SK DPP. Rapat untuk itu sedang dilaksanakan di kantor DPD PDIP Maluku di Karangpanjang," ujar sumber media ini di Ambon yang tidak mau namanya dipublikasi.

Untuk diketahui, Murad Ismail yang kini menjabat Gubernur Maluku dicopot dari jabatan Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Maluku. Pencopotan itu berawal dari istrinya, Widya Pratiwi Murad Ismail, gabung dengan partai lain yakni PAN.

Dalam aturan internal PDIP, kader mereka yang sudah berkeluarga dan berpartai harus satu partai yakni PDIP, tidak boleh satu keluarga ada yang berbeda partai. Tak hanya itu, Murad Ismail juga disebut emosional kepada Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Syaiful Hidayat. 

"PDI Perjuangan memiliki aturan partai bahwa suami istri tidak boleh berbeda partai, namun ternyata Pak Murad malah menunjukkan sikap emosional di hadapan Pak Djarot Syaiful Hidayat yang dikenal sebagai sosok yang santun, sosok pendengar, dan selalu mencari solusi dengan cara musyawarah," kata Ketua DPP PDIP Bidang Perempuan Sri Rahayu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/5/2023) seperti dilansir detik.com. (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini