Sukong Latuhalat Masuk Nominasi API Kategori Makanan Tradisional

Share:

Sukong atau sukun Latuhalat masuk nominasi 10 besar penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023 kategori makanan tradisional.

satumalukuID - Sukong atau sukun Latuhalat masuk nominasi 10 besar penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023 kategori makanan tradisional.

"Kita bersyukur masuk dalam nominasi API Awards 2023, setelah berproses untuk masuk menjadi nominasi dan meraih penghargaan pariwisata terbaik kategori makanan tradisional melalui panganan khas berbahan dasar sukong atau sukun," kata Raja Negeri Latuhalat, Audy Salhuteru di Ambon, Kamis (4/5/2023).

Ia mengatakan, Pemerintah dan masyarakat negeri Latuhalat sangat senang dengan penghargaan yang diraih, mengingat buah sukun kapas merupakan khas negeri Latuhalat.

"Seluruh proses disiapkan bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, yakni foto dan video buah sukong mulai dari anakan, buah proses panen dan panganan sukong yang dapat diolah menjadi 20 jenis panganan berbahan dasar sukong," katanya.

Buah sukun yang kerap diucap sukong oleh masyarakat negeri Latuhalat, katanya, dapat diolah menjadi 20 jenis panganan diantaranya sukong bakar, goreng, santan, kripik sukong aneka jenis kue berbahan dasar sukong.

Sukong Latuhalat katanya, memiliki kelebihan dibandingkan di desa negeri lainnya di Kota Ambon dengan jenis yang unggul yakni “Sukun Kapas”.

Tanaman tropis yang banyak tumbuh di Negeri Latuhalat ini juga akan diusulkan varietas oleh Distan Maluku ke Kementerian Pertanian (Kementan) untuk dilakukan gerakan penanaman pohon sukun secepatnya.

Kategori makanan tradisional sukong Latuhalat Masuk bersama makanan sambal langat gurita Kabupaten Kaur, Ayam Gholo Kabupaten Muna, rebung asam kabupaten Empat Lawang, ketupat tengguli, Kabupaten Aceh Tamiang, nasi berenang Kabupaten Poliwali Mandar, sate Ambat, Kabupaten Kebumen.

API Award 2023 sebanyak 18 kategori, selain ekowisata dan kampung adat, juga makanan tradisional, minuman tradisional, cinderamata, destinasi belanja, promosi pariwisata digital, brand pariwisata, wisata olahraga dan petualangan, wisata air, dataran tinggi, situs sejarah, atraksi budaya, festival pariwisata, destinasi kreatif, destinasi unik, destinasi baru dan surga tersembunyi.

Dilansir dari laman resminya, proses voting nominasi akan dilakukan mulai awal Juni 2023 hingga akhir September 2023. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini