Sempat Diusulkan Jadi Pj Walikota Ambon, Matheos Tan Pj Bupati Lembata NTT

Share:


satumalukuID - Nama Matheos Tan sempat masuk bursa tiga calon Penjabat (Pj) Walikota Ambon, namun tidak dipilih oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian.

Saat itu, tiga calon Pj Walikota Ambon periode 2023-2024 yang dikirim oleh DPRD Kota Ambon ke Mendagri adalah Bodewin M. Wattimena (Pj Walikota saat ini), Agus Ririmasse (Sekot Ambon) dan Matheos Tan (Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa di Kemendagri RI).

Dari ketiga nama tersebut, Mendagri mengangkat kembali Bodewin M. Wattimena sebagai Pj Walikota Ambon hingga bulan Mei 2024 mendatang.

Meski tidak terpilih di Ambon, namun "garis tangan" Matheos Tan ternyata berbuah lain. Ia akhirnya diangkat oleh Mendagri sebagai Pj Bupati Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Iya benar. Pak Matheos Tan senior saya di STPDN diangkat jadi Penjabat Bupati Lembata NTT oleh Mendagri," ungkap Bodewin Wattimena kepada media ini, Rabu (23/5/2023).

Dikutip dari victorynews.id, Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat telah melantik Penjabat Bupati Lembata Matheos Tan di Aula El Tari Kupang, Kamis (25/5/2023).

Matheos Tan menggantikan Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa yang dikenal pendiam dan tegas. Marsianus kembali ke jabatan semula yaitu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTT.

Figur Matheos Tan lahir di Kota Ambon, Provinsi Maluku pada 25 April 1972 atau 51 tahun silam. Ia diketahui tumbuh besar dan memiliki kerabat di Negeri Passo, kecamatan Baguala.

Matheos Tan merupakan lulusan STPDN. Ia sebelumnya bertugas di Kemendagri usai lulus dari STPDN.

Jabatan terakhirnya sebagai Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa di Kemendagri RI (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini