Pemkot Ambon Siapkan Posko Layanan Kesehatan di Lokasi Kebakaran

Share:

satumalukuID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ambon menyiapkan posko layanan kesehatan di lokasi pengungsian kebakaran Pasar gambus Kota Ambon.


"Layanan kesehatan berupa pemeriksaan kondisi kesehatan dan pemberian obat gratis kepada para pengungsi di lokasi pengungsian," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy di Ambon, Maluku, Kamis (18/5/2023).

Ia mengatakan, layanan kesehatan yang diberikan yakni pemeriksaan penyakit pascabencana kebakaran, pengecekan tensi dan memberikan obat- obatan.

Paska bencana kebakaran umumnya para pengungsi mengalami penyakit Infeksi Saluran Pernafasan, diare dan gangguan lambung.

"Hasil pemeriksaan tim kesehatan di lokasi pengungsian para pengungsi mengalami penyakit ISPA, diare dan gangguan lambung, petugas akan intensif memeriksa kesehatan para pengungsi," katanya.

Wendy menyatakan, petugas medis melakukan pemeriksaan kesehatan para pengungsi setiap hari, guna menghindari kemungkinan munculnya kasus penyakit berbahaya.

Pihaknya juga mengimbau para pengungsi yang mengalami gangguan kesehatan untuk segera mendatangi petugas kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan.

"Kami berharap ke depan tidak ada pengungsi yang mengalami gangguan kesehatan serius, karena itu pengungsi diharapkan menjaga kebersihan sehingga tidak terkena penyakit," katanya.

Ia menambahkan, lokasi pengungsian korban kebakaran di pasar gotong royong telah dilengkapi dengan toilet dan air bersih yang memadai serta ruangan yang cukup nyaman.

"Kami berharap para pengungsi tetap menjaga kebersihan, agar lingkungan pengungsian bersih sehingga para pengungsi tidak mudah terkena penyakit," katanya. (Penina Fiolana Mayaut/ant) 
Share:
Komentar

Berita Terkini