Ma'ruf Amin Apresiasi Pembentukan KDEKS Maluku Utara

Share:

Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin sampaikan sambutan pada pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Maluku Utara (Malut) berlangsung di Gamalama Ballroom, Sahid Bella Hotel, Ternate, Kamis (10/5/2023).

satumalukuID - Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin mengapresiasi pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Maluku Utara (Malut), karena bentuk komitmen Pemprov Malut menjadikan ekonomi dan keuangan syariah berperan dalam mendukung percepatan pembangunan di daerah ini.

"Saya berharap KDEKS di Maluku Utara dapat menjadi motor penggerak dalam mengkaji, menggali dan mewujudkan berbagai potensi pada masing-masing fokus pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah ini. Utamanya dengan mengoptimalkan komoditas unggulan Maluku Utara seperti cengkeh, pala dan juga kopra," kata Wapres Ma’ruf Amin di Ternate, Rabu (10/5/2023).

Wapres sendiri menyaksikan pengukuhan dilakukan Plt. Direktur Eksekutif Komite Nasional dan keuangan syariah (KNEKS) Taufik Hidayat, yang dilaksanakan di Ternate, Rabu (10/5/2023).

Menurutnya, untuk komoditi pala, tidak hanya diekspor dalam bentuk bahan mentah, pala dapat diolah menjadi minyak atsiri, manisan dan bumbu masak yang dapat diterima konsumen lokal, nasional hingga global.

"Saya kira, dalam kerangka pengembangan industri produk halal perlu dikaji dan diinisiasi pengembangan Halal Export Center untuk mendukung peningkatan ekspor dan hilirisasi komoditas unggulan ini," ujar Maruf.

Dia menyatakan, hilirisasi pangan atau perkebunan itu akan membawa penguatan ekonomi masyarakat, berbeda dengan hilirisasi tambang, biasanya hanya dinikmati oleh para pemilik modal, pengusaha yang kuat.

Tapi hilirisasi pangan, hasil kebun itu akan membawa penguatan pada peningkatan ekonomi masyarakat, termasuk bagaimana penguatan Rantai Pasok Halal (Halal Value Chain) terkait sertifikasi produk halal olahan rempah maupun terhadap produk UMKM daerah.

Oleh karena itu, dalam penciptaan ekosistem dan infrastruktur syariah diharapkan dapat meningkatkan literasi dan pengetahuan tentang ekonomi dan keuangan syariah utamanya kepada kalangan pelajar/generasi muda dan kalangan potensial lainnya.

Wapres berharap kepengurusan KDEKS Provinsi Malut dapat segera bekerja, mengambil langkah-langkah strategis, berkoordinasi dengan berbagai pihak di pusat dan daerah untuk merumuskan dan menjalankan berbagai kebijakan dan program.

"Termasuk bagaimana agenda program ekonomi dan keuangan syariah dapat dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Malut," katanya.

KDEKS Provinsi Maluku Utara diharapkan menjadi penyokong kebangkitan kembali Maluku Utara sebagai produsen rempah terkemuka di dunia.

Sementara itu, Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba, Lc dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga karena pengukuhan ini dapat dihadiri langsung oleh Bapak Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin.

"Kehadiran pengurus ini kita harapkan dapat meningkatkan Literasi Masyarakat terhadap Ekonomi dan Keuangan Syariah serta ikut serta berupaya mendorong tumbuhnya Pelaku Usaha dan Keuangan Syariah," kata AGK.

Dengan dikukuhkan Dewan Pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Maluku Utara Tahun 2023, AGK juga mengingatkan pula agar seluruh Dewan Pengurus dapat menjalankan peran strategis dengan baik dan dapat memberikan manfaat melalui sinergitas antara Komite Nasional dan Daerah. (Abdul Fatah/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini