Bea Cukai Maluku Bentuk Tim Penggalian Potensi Ekspor untuk UMKM

Share:

Bea cukai Maluku saat mencoba UMKM mie sehat cempaka.
Photo: HO-BeacukaiMaluku/ant

satumalukuID - Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Maluku membentuk tim penggalian potensi ekspor untuk meningkatkan volume dan minat ekspor di provinsi itu.

"Kami telah membentuk tim penggali potensi ekspor yang melakukan asistensi secara rutin kepada kandidat pelaku ekspor juga menggali potensi ekspor dari para UMKM," ujar Kasi Humas Bea Cukai Kanwil Ambon, Iwan Saktiawan saat dihubungi dari Ambon, Senin (8/5/2023).

Iwan mengatakan hal tersebut merupakan salah satu wujud nyata Bea Cukai kanwil Maluku dalam rangka pemulihan ekonomi nasional usai pandemi COVID-19

"Hal ini tentunya akan mendukung pembangunan ekonomi Maluku dan membantu Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," kata dia.

Bahkan baru-baru ini Bea Cukai Kanwil Maluku telah berhasil mendapatkan pembeli bagi dua UMKM Maluku yang berpotensi dapat mengekspor produknya ke mancanegara.

Kedua produk tersebut yakni mie sehat cempaka dan trutty's kripik tempe yang keduanya merupakan karya anak Maluku sendiri.

"Baru saja berhasil ekspor Mie Sehat Cempaka dan Truttys keripik tempe ke Australia," ucapnya.

Hal tersebut bisa dilakukan tentunya setelah melalui program asistensi kanwil bea cukai Maluku untuk mendapatkan pembeli dari luar negeri serta bekerjasama dengan PT Pos Indonesia sebagai pihak pengirim.

"Saat ini telah dikirimkan perdana masih beberapa kemasan sebagai contoh," imbuhnya.

Pihaknya menegaskan akan terus memberikan asistensi ekspor kepada para pelaku usaha dengan harapan akan menambah pengetahuan dan tatalaksana ekspor serta membuka peluang agar produk potensial mereka dapat menembus pasar internasional. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini