Balai Kesehatan Mata Ambon - Vlissingen Tambah Layanan Retina

Share:


satumalukuID - Balai Kesehatan Mata Ambon-Vlissingen meningkatkan pelayanan kesehatan mata dengan menambah layanan bagi pemeriksaan penyakit retina mulai Juni 2023.

"Mulai Juni 2023, kami melakukan penambahan pelayanan yang baru untuk penyakit retina bagi pasien diabetes, sehingga pasien tidak perlu melakukan pemeriksaan di luar Ambon, " Kata Kepala Balai Kesehatan Mata Ambon-Vlissingen Daniel Siegers di Ambon, Selasa.

Ia menyatakan, meningkatkan pelayanan kesehatan mata yang modern dilakukan penambahan alat pemeriksaan mata retina berupa alat laser Optical Coherence Tomography atau sering disebut OCT.

Dengan alat ini Klinik Mata Ambon-Vlissingen dinilai telah memiliki peralatan yang cukup lengkap di Maluku untuk pelayanan kesehatan mata.

Daniel mengatakan, alat OCT mendeteksi gejala retinopati diabetik untuk pasien diabetes. Kerusakan mata retinopati diabetik sering terjadi pada pasien diabetes yang mana retina mengalami kebocoran pembuluh darah.

Peningkatan terus dilakukan dari sisi pelayanan, peralatan, tenaga kesehatan, sejalan dengan komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan mata terbaik untuk masyarakat Maluku, khususnya Kota Ambon," katanya.

"Layanan kesehatan mata meningkat untuk penyakit katarak, gangguan penggunaan kaca mata dan retina, untuk pasien usia 40 tahun ke atas," katanya.

Ia menambahkan, peralatan di Balai Kesehatan Mata Ambon-Vlissingen saat ini cukup lengkap untuk melayani masyarakat.

"Pemerintah Kota Ambon berupaya sebisa mungkin menyediakan pelayanan kesehatan yang modern kepada masyarakat," ujar Daniel. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini