7 Hari Pasca Lebaran Kendaraan Masuk ke Kota Ambon Capai 9.203 Unit

Share:

Antrian kendaraan dari Pelabuhan Waipirit Seram Bagian Barat menuju Kota Ambon.

satumalukuID - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku menyatakan kendaraan yang masuk ke Kota Ambon untuk arus balik 2023 mencapai 9.203 unit kendaraan setelah melakukan survei penjumlahan lalu lintas di ruas Jalan Lampu Lima Ambon.

Kepala BPTD Maluku, Handa Lesmana, Senin (1/5/2023), mengatakan jumlah tersebut berdasarkan rekapitulasi data terakhir per 29 April 2023 atau tepatnya di H+7 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Ini rekapitulasi hasil survey pencacahan Lalu Lintas (TC) yang berlokasi di ruas Jalan Lampu Lima (Bawah JMP) arah dari luar kota yang masuk ke Kota Ambon,” ucapnya.

Dari total tersebut, 5.761 di antaranya terdiri dari kendaraan roda dua. Sementara mobil pribadi berjumlah 1.312 kendaraan.

Selain itu, angkutan kota sebanyak 1.597 kendaraan, mobil pickup 332 kendaraan, bus 4 kendaraan, dan truck sebanyak 197 kendaraan.

“Dari jumlah tersebut, yang paling mendominasi masih tetap kendaraan sepeda motor,” terangnya.

Lesmana menjelaskan, berdasarkan tabel dan grafik yang ada, komposisi arus lalu lintas tertinggi pada pukul 15.00 WIT sampai dengan 15.30 WIT.

“Di jam-jam itu memang arus lalu lintas di bawah JMP cukup tinggi,” ucapnya.

Ia mengaku, sejauh ini berdasarkan hasil pemantauan langsung di lapangan, diketahui bahwa pelayanan dan penyelenggaraan angkutan penyeberangan terpantau tertib dan lancar.

“Sejauh ini masih aman dan lancar, berjalan tertib. Kami berharap kondisi seperti ini terus terjaga,” harap Lesmana. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini