10.000 Bibit Pohon Ditanam di Wilayah Kecamatan Baguala Ambon

Share:

Kegiatan penanaman bibit pohon di wilayah Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (12/5/2022).

satumalukuID - Komando Daerah Militer XVI/Pattimura mengadakan kegiatan penanaman 10.000 bibit pohon di wilayah Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Resor Militer 151/Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung di Ambon, Jumat (12/5/2023), mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon itu merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan alam dan menekan dampak perubahan iklim.

Kegiatan penanaman pohon dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-24 Komando Daerah Militer XVI/Pattimura, menurut dia, juga ditujukan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya.

Dalam aksi penanaman bibit pohon yang diikuti oleh mahasiswa dan warga tersebut, bibit pohon kelor, rambutan, sukun, mangga, dan jenis pohon yang lain ditanam di lahan seluas sekitar 10 hektare.

"Lahan ini harus dijaga bersama, karena merupakan (area) resapan air, yang mata airnya mengalir dan merupakan sumber air bagi masyarakat sekitar," kata Ruruh.

Aminton mengatakan bahwa penanaman bibit pohon dilakukan untuk mencegah erosi dan tanah saat hujan deras turun serta meningkatkan kualitas lingkungan.

"Semakin banyak pohon yang ditanam, maka akan semakin banyak oksigen yang akan dihasilkan, menjaga kelestarian fauna yang ada dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa didapatkan," katanya.

"Memang manfaatnya tidak bisa dirasakan langsung, namun beberapa tahun ke depan, ketika pohon tersebut sudah tumbuh besar," ia menambahkan.

Maria, salah satu peserta kegiatan penanaman pohon, berharap bibit pohon yang ditanam tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat dalam jangka panjang.

"Manfaatnya nanti bisa kami nikmati hingga anak cucu," katanya. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini