PT Pertamina Kebutuhan BBM Maluku selama Ramadhan serta Idul Fitri Terjamin

Share:

Ketersediaan BBM dan gas elpiji untuk masyarakat Maluku selama Ramadhan serta Idul Fitri 1444 H terjamin. (3/4/2023)

satumalukuID - PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku menyatakan kebutuhan masyarakat Maluku akan bahan bakar minyak(BBM) khususnya selama Ramadhan serta Idul Fitri 1444 Hijriah, terjamin.

"Untuk ketahanan stok BBM dan elpiji dari sektor rumah tangga, minyak tanah  68,3 hari dan elpiji 156 hari ke depan, lalu BBM kebutuhan transportasi  pertalite 147,5 hari ketahanan stoknya, persediaan pertamax selama 100,4 hari ke depan, solar 6,1 hari, sektor aviasi berupa avtur selama 64,5 hari, " kata  Sales Area Manager Retail Maluku, Angga Yudiwinata di Ambon, Senin (3/4/2023).

Penjelasan Angga disampaikan dalam rapat dengar pendapat dengan komisi III DPRD Maluku dipimpin Johan Lewerissa selaku ketua komisi.

Maka secara umum, katanya  ketersediaan persediaan BBM dan elpiji cukup aman dan ini bersifat kontinuitas karena produknya terus dikirim dari suplai poin masing-masing.

Dia mengatakan, PT. Pertamina Niaga Pemasaran sejak 1 April 2023 sudah resmi menjalankan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Satgas ini akan melakukan tugas dan fungsinya hingga tanggal 2 Mei nanti," ucapnya.

Kemudian sales area ritel Maluku memiliki beberapa lembaga penyalur di antaranya 21 SPBU reguler, SPBU nelayan enam lokasi, SPBU mini dan moduler juga enam lokasi, 55 titik pertashop, agen elpiji non PSO empat titik, SPBU kompak 63 titik, 34 agen minyak tanah, dan stasiun pengisian bahan bakar elpiji satu lokasi.

Untuk pola distribusinya ke tujuh terminal BBM yang tersebar di Wayame (Pulau Ambon), Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Bula (Seram Bagian Timur), Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kota Tual, serta Dobo di Kabupaten Kepulauan Aru.

Kemudian untuk terminal Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) ada tiga lokasi di Bandara Intrnasional Pattimura Ambon, Bandara Dumaubun (Langgur) Kabupaten Maluku Tenggara, serta Bandara Matilda Batlayeri (KKT).

"Selama Satgas Ramadhan serta Idul Fitri, kami juga menyiapkan beberapa layanan BBM dan elpiji siaga, dimana yang pertama adalah SPBU Siaga yang disiapkan pada jalur potensial seperti jalur wisata, jalur logistik," jelas Angga.

Kemudian untuk perayaan Idul Fitri disiapkan lima SPBU yang beroperasi 24 jam, kemudian agen dan outlite elpiji siaga ada dua agen, disiapkan juga Pertamina Delivery service ada dua unit di Ambon termasuk BBM dan elpiji, serta menyiapkan extra droping minyak tanah sekitar 8 persen dari alokasi bulanan.

Pertamina juga menyiapkan klinik mudik bagi warga selama merayakan lebaran yang berlokasi di SPBU Passo, Kecamatan Baguala (Kota Ambon) karena merupakan jalur mudik yang cukup ramai.

"SPBU siaga ada di Jalan Jenderal Sudirman Ambon, Kota Masohi (Maluku Tengah), Dobo (Kabupaten Kepulauan Aru), Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan dermaga Wonreli (Pulau Kisar) Kabupaten Maluku Barat Daya," kata Angga. (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini