Jasa Pos Maluku Utara Meningkat Jelang Lebaran

Share:

 

Jasa kantor Pos Ternate menjelang Idul Fitri hari raya Idul Fitri tahun 2023 terjadi peningkatan 20 hingga 25 persen, Minggu (16/4/2023).
satumalukuID - Kantor Pos Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) mencatat, pengiriman dan penerimaan surat dan paket melalui jasa kantor Pos Ternate pekan menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2023 terjadi peningkatan 20 hingga 25 persen setiap hari.

"Pekan jelang Lebaran terjadi peningkatan pengiriman dan penerimaan  surat dan paket mencapai 2.125 item atau meningkat 20-25 persen setiap hari," kata Kepala Kantor Pos Cabang Ternate, Muhammad Agus Masnur di Ternate, Minggu (16/4/2023).

Dia mengatakan, peningkatan jasa penerimaan  surat dan paket alami peningkatan hingga 20 sampai 25 persen itu berasal dari Jakarta dan berbagai kota lainnya di Pulau Jawa.

Sedangkan, untuk pengiriman dari Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan yang masuk ke Kota Ternate mencapai 1.700 item per hari

"Jika dibandingkan pada tahun 2022, memang kondisi pandemi COVID-19 sehingga aktivitas pengiriman jasa barang tidak terlalu meningkat seperti tahun 2023 ini," ujarnya.

Dia merinci, pada bulan suci Ramadhan dan menjelang lebaran di tahun 2022 lalu, pengiriman surat dan paket dari berbagai kota ke Ternate dan berbagai daerah lainnya di Malut menurun jika dibanding tahun ini, untuk wilayah Pulau Jawa sekitar 1.594 item dan Pulau Sulawesi 1.275 item per hari akibat kondisi pandemic.

Akan tetapi, untuk saat ini, UMKM dan pengembangan pelaku usaha dalam meningkatkan produknya mulai meningkat, seiring dengan mulainya kondisi ekonomi telah pulih.

Dia mengatakan, peningkatan jasa pos menjelang lebaran Idul Fitri lebih didominasi kiriman untuk produk makanan, pakaian khususnya dari Pulau Jawa dan Makassar, Sulawesi Selatan untuk tujuan Ternate, Halmahera Tengah dan Halmahera Utara.

Sedangkan pendistribusian ke daerah tujuan kiriman tersebut hingga kini belum ada kendala dan sesuai dengan jadwal dari Kantor Pos yang telah diantar oleh petugas ke alamat dituju.

Untuk layanan Kantor Pos tetap beroperasi secara maksimal, bahkan di hari raya Idul Fitri pelayanan kepada masyarakat tetap dibuka.

Muhammad Agus Masnur mengimbau agar warga akan mengirimkan berbagai produk melalui jasa Kantor Pos, terutama untuk kebutuhan makanan perlu diantisipasi rentan rusak, sehingga dilakukan pelayanan secara maksimal, terutama untuk pengiriman harus dilakukan secara cepat dan tepat. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini