Bandara Pattimura Layani 16.549 Penumpang hingga H-2 Lebaran

Share:

Aktivitas penumpang di Bandar Pattimura Ambon jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.
Photo: HO-Humas Angkasa Pura 1 Bandara Pattimura Ambon/ant

satumalukuID - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Pattimura di Kota Ambon, Maluku mencatat pergerakan penumpang angkutan udara Lebaran 1444 Hijriah sejak H-8 hingga H-2 telah melayani 16.549 penumpang.

Total sebanyak 16.549 penumpang terdiri dari 7.948 penumpang datang, dan 8.611penumpang berangkat, kata PTS Legal, Compliance and Stakeholder Relation Manajer Angkasa Pura Cabang Bandara Pattimura Ambon Agni Aditya Akbar, di Ambon, Jumat (21/4/2023).

Ia mengatakan, jumlah penumpang tersebut mengalami penurunan 31 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022, serta 188 pergerakan pesawat atau turun 39 persen.

Puncak arus mudik di Bandara Pattimura pada H-6 Lebaran dengan jumlah penumpang yang tercatat di 16 April 2023 sebanyak 2.556 penumpang yang juga mengalami penurunan 25 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022.

Rute domestik yang paling diminati penumpang adalah Makassar (UPG) ditunjang rute ke kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Maluku.

Bandar Udara Pattimura Ambon mengalami peningkatan total pergerakan lalu lintas angkutan udara pada 2023, peningkatan tersebut disebabkan semakin membaik kondisi pandemi COVID- 19 di Indonesia, sehingga mendorong pergerakan penumpang dari dan menuju ke Provinsi Maluku.

Peningkatan terlihat pada jumlah pergerakan pesawat, penumpang dan kargo di Bandara Pattimura Ambon.

Penerbangan terjadwal yang beroperasi di Bandara Internasional Pattimura melayani penumpang mudik Lebaran maupun arus balik adalah maskapai penerbangan Garuda, Citilink, Lion Air, Wings Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Trigana Air.

Sedangkan untuk penerbangan perintis menuju sejumlah bandara di wilayah Maluku masih tetap dilayani maskapai penerbangan Sam Air. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini