Satgas Yonarhanud 3/Yby Programkan Air Layak Konsumsi

Share:

Danrem 152/Baabullah Ternate, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga mengecek progres atas program air nusantara Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Yonarhanud 3/YBY telah menyediakan kebutuhan air bersih bagi warga di Pulau Halmahera, Sabtu (25/3/2023).

satumalukuID - Komandan Pelaksana Operasi (Dankolakops) Korem 152/Baabullah Ternate, Maluku Utara (Malut) Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga mengecek perkembangan program air nusantara Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Yonarhanud 3/YBY yang menyediakan kebutuhan air bersih bagi warga di Pulau Halmahera.

Dankolakops Rem 152 Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga dihubungi di Ternate, Sabtu (25/3/2023), mengatakan kegiatan teritorial Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY sangat membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya melalui program pembangunan air layak konsumsi untuk masyarakat yang diberi nama Filter Air Nusantara.

"Tentunya, ini merupakan program bantuan penyediaan air bersih bagi masyarakat yang kesulitan akses air bersih dengan menyediakan alat filter air dengan kemampuan produksi 2.000 galon per hari secara gratis yang berlokasi di Talaga Paca," katanya.

Dia menyebut program unggulan lainnya adalah De Four Up, yaitu teknologi hemat BBM dengan efisiensi mencapai 30 s.d 45 persen yang diracik dengan menggunakan etanol, ekstrak daun sirih serta bahan alami lainnya yang diperuntukkan bagi para nelayan maupun komunitas moda transportasi di Halmahera Utara.

Selain menghemat BBM De Four Up, juga dapat membersihkan deposit kerak sisa pembakaran yang kurang sempurna pada mesin internal combustion.

Selain itu, terdapat kegiatan program peningkatan ketahanan pangan melalui pemberian pupuk organik BIOS-44 yang dapat meningkatkan hasil panen hingga 30 persen, program pemberdayaan buah enau (kolang-kaling) serta bonsai kelapa.

Dalam keterangannya Dankolakops menyampaikan bahwa Kolakops merasa bangga atas kegiatan teritorial yang dilakukan oleh Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/Yby yang melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya, yang hasilnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Program ini sangat baik dan nanti saya akan perintahkan Para Dansat di jajaran Korem 152/Baabullah untuk mencontoh dan mengembangkan program di satuannya masing-masing, sehingga seluruh masyarakat Maluku Utara dapat merasakan langsung manfaat atas program unggulan yang dibawa Satgas," kata Dankolakops. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini