Puluhan Pelaku UMKM Dilibatkan di BI Maluku Utara Expo

Share:

Sejumlah 22 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memeriahkan UMKM Expo bertajuk "BI Malut Expo" yang dipusatkan di Halaman Parkir Jatiland Mall, Kota Ternate, Senin (6/3/2023).
Photo: HO-Bank Indonesia/antt

satumalukuID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara (Malut) melibatkan sebanyak 22 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam memeriahkan kegiatan promosi bertajuk "BI Malut Expo" yang dipusatkan di Halaman Parkir Jatiland Mall, Kota Ternate, tanggal 5-6 Maret 2023.

"Untuk saat ini expo masih terbatas dan pelaku UMKM telah memamerkan seluruh produk-produknya, rata-rata makanan dan cemilan, yang mendukung ke pariwisata, sehingga ini Expo harus memiliki kekhasan tersendiri, karena kita menggali produk mereka yang khas yang dipadukan dengan rempah dengan total yang ikut Expo UMKM berjumlah 22 UMKM," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Malut, Setian dihubungi di Ternate, Senin (6/3/2023).

Dia menyatakan, para pelaku usaha ini menjual berbagai produk seperti makanan, cemilan dan minuman khas rempah rempah.

Setian mengatakan, para pelaku UMKM yang hadir adalah UMKM yang di seleksi melalui kegiatan  tahun 2022, dan UMKM Mitra dari Pemerintah Provinsi dan dan Kota Ternate, yang telah ditingkatkan kualitasnya.

"Untuk kegiatan Expo nya itu kita juga mendorong kegiatan ekonomi digital karena ke depan itu kita bergerak di arah digital, sehingga kita mengarahkan UMKM itu tidak tertinggal dari aspek digitalisasi jadi mereka juga harus melek digital," kata Setian.

Oleh karena itu, kata Setian, pihaknya akan mendorong mereka supaya bisa berjualan secara digital oleh karena itu mereka menjual produknya dengan menggunakan media QRIS, sebagai alat pembayaran.

Sebab, kalau mereka tidak melek digital, maka BI Malut akan bawa para pelaku UMKM ini ke ajang yang lebih tinggi di level nasional.

Sehingga, dengan iven yang melibatkan para UMKM Malut ini, maka kegiatan Expo tersebut bisa mempromosikan berbagai produk unggulan yang dimiliki para pelaku usaha di daerah ini. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini