Pemkot Ambon Siapkan Pasar Murah Jaga Stok dan Harga Barang

Share:

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan program pasar murah bagi masyarakat umum dalam rangka mengendalikan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok saat Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku,  menyiapkan program pasar murah bagi masyarakat umum dalam rangka mengendalikan harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok saat Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pasar murah sesuai jadwal akan dilaksanakan di pekan kedua Ramadhan, akan diatur di sejumlah titik di Kota Ambon untuk menjangkau masyarakat yang berbelanja kebutuhan pokok menjelang hari raya," Kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, Jhon Slarmanat di Ambon, Senin (13/3/2023).

Ia menyatakan, pasar murah menjelang hari raya juga dilaksanakan dengan tujuan membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam berbelanja kebutuhan pokok.

Selain kegiatan pasar murah, Pemkot juga melakukan operasi pasar murah untuk menekan laju inflasi yang cukup tinggi.

"Operasi pasar murah dilaksanakan pada pekan kedua dan keempat setiap bulan di sejumlah lokasi pasar tradisional di Ambon," katanya.

Kebijakan lain yang dilakukan adalah memberikan subsidi transportasi kepada distributor dan juga kepada para petani yang memiliki kontribusi besar terhadap ketersediaan komoditas atau barang kebutuhan pokok.

Ia menyatakan, setidaknya sembilan langkah dari pemerintah pusat untuk mengendalikan inflasi telah dilakukan di antaranya operasi pasar, memberikan subsidi transportasi kepada distributor dan juga kepada para petani yang memiliki kontribusi besar terhadap ketersediaan komoditas atau barang kebutuhan pokok.

Melakukan kerja sama dengan kabupaten atau kota lain dalam upaya untuk membantu ketersediaan stok bahan pokok, dan membagikan sebanyak 400 bibit tanaman cabai kepada masyarakat di desa kelurahan dan negeri di Ambon. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini