Jelang Ramadhan 2023, Harga Kebutuhan Pokok di Ternate Merangkak Naik

Share:

Sejumlah pedagang gunakan areal parkir Pasar Gamalama untuk berdagang, terutama menjelang Ramadhan tahun 2023. Senin (13/3/2023).

satumalukuID - Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan  terutama untuk jenis bawang, cabai, tomat hingga bawang merah hingga menjelang Ramadhan tahun 2023.

Salah seorang pedagang sembako di pasar Gamalama Kota Ternate, Rasma Nur, Senin (13/3/2023), menyatakan, kenaikan berbagai kebutuhan pokok terutama untuk komoditi bawang putih dari Rp30 ribu per kg naik menjadi Rp50 ribu per kg.

Begitu pula, untuk kebutuhan bawang merah mengalami kenaikan dari harga Rp50 ribu per kg menjadi Rp65 ribu per kg dan kenaikan itu akibat tingginya permintaan

Selain itu, kata Rasma, kenaikan terjadi akibat harga pasokan bawang dari Sulawesi Utara alami peningkatan dan harga bawang justru terus melonjak hingga memasuki Ramadan beberapa hari ke depan
.
Kadis Perindag Kota Ternate, Muchlis Djumadil menyatakan, kebutuhan sembako dan pangan di Kota Ternate menjelang Ramadhan tetap tersedia, meskipun ada sejumlah komoditi alami kenaikan harga.

Dia menyatakan, untuk mengantisipasi membludak pedagang saat Ramadhan nanti, pihaknya telah mengimbau Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih di kawasan pasar yang dilarang untuk untuk tidak lagi berjualan, terutama saat bulan suci Ramadhan.

Hal tersebut disampaikan Muchlis Djumadil, karena dalam momentum Ramadhan sejumlah areal yang dilarang untuk berjualan seringkali dimanfaatkan PKL dan bisa mengganggu kenyamanan warga.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Halmahera Utara (Halut), menyebut, menjelang bulan Ramadhan tahun 2023, harga sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik.

Kadis Perindag Halut Nyoter Koenoe menyatakan, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga diantaranya telur, bawang merah dan cabe rawit.

Dia menyebut, kenaikan harga bahan pokok ini sudah mengalami perubahan harga sejak awal Maret tahun 2023. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini