IAKN Ambon Siapkan Program 2023 Sejalan Prioritas Kemenag

Share:

Rektor IAKN Ambon Yance Rumahuru bersama Sekretaris Direktoral Jendral Bimbingan Masyarakat Kristen Kemenag RI Urbanus Rahangmetan, saat pembukaan rapat kerja IAKN Ambon ke V, di Ambon, Kamis (16/3/2023).

satumalukuID - Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon menyiapkan program kerja tahun 2024 sejalan dengan prioritas Kementerian Agama yakni kerukunan beragama.

"Tahun 2023 kami fokus untuk penguatan penyusunan program sesuai dengan program prioritas Kementerian Agama menetapkan tahun 2023 ini sebagai tahun kerukunan beragama," Kata Rektor IAKN Ambon, Yance Rumahuru, saat pelaksanaan rapat kerja IAKN Ambon ke V, di Ambon, Kamis (16/3/2023).

Ia mengatakan, program IAKN di tahun 2023 dari segi pendidikan pengajaran terutama penelitian pengabdian masyarakat diarahkan untuk mendukung tahun kerukunan beragama.

Tahun 2023 IAKN fokus pada peningkatan kualitas penjaminan mutu, tata kelola lembaga dan pemenuhan syarat transformasi kelembagaan atau perubahan bentuk perguruan tinggi.

Selain itu penguatan sistem pendidikan dan penerapan kurikulum MBKM, serta pengembangan kultur moderasi beragama di lingkungan kampus.

​​​​​​​IAKN Ambon, katanya, telah memikirkan dari proses input sampai dengan hasil harus memastikan generasi emas Indonesia itu memiliki sebuah kualitas yang baik.

Hal tersebut sejalan dengan program studi yang ada di IAKN, diarahkan agar semua verifikasi sangat baik dan unggul.

"Kami berharap dengan transformasi dari institut menuju Universitas, akan membuka peluang bagi calon mahasiswa terutama di kawasan timur Indonesia dan khusus di Maluku untuk tidak kuliah di luar Maluku untuk program studi tertentu, tetapi fokus di Ambon," katanya.

Yance menyatakan rapat kerja yang dilaksanakan menjadi forum evaluasi terhadap program di tahun 2022.

Tahun 2022, pihaknya mencapai kinerja program di angka 8,26 persen dan kinerja anggaran keuangan 96,8 persen.

"Capaian kerja di tahun 2022 menunjukkan sebuah kemajuan, kami berharap di 2023 seluruh program kerja dari segi pendidikan pengajaran, penelitian maupun anggaran dapat direalisasikan dengan baik," ujar Rektor. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini