Gubernur Maluku Minta Basarnas Tingkatkan Misi Kemanusiaan

Share:

Gubernur Maluku diwakili Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Mustafa Sangadji (kanan) pada HUT Basarnas ke-51 di Ambon.

satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail meminta Badan SAR Nasional (Basarnas) meningkatkan mini kemanusiaan tepat pada Hari Ulang Tahun Basarnas ke-51.

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke-51 Basarnas tahun 2023. Semoga Basarnas lebih maju dan profesional di bidang pencarian dan pertolongan kepada korban bencana alam," ujarnya melalui sambutan Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Mustafa Sangadji, Rabu (1/3/2023).

Menurutnya letak geografis Maluku yang merupakan wilayah kepulauan menjadikan provinsi itu rentan bencana alam seperti gempa, tanah longsor maupun bencana alam lainnya. 

Apalagi pengaruh musim yang tidak menentu seperti angin kencang, hujan, badai yang terjadi di luar prediksi menyebabkan terjadinya gelombang laut yang tinggi, banjir, serta hujan yang lebih dan menyebabkan tanah longsor sehingga dapat mengancam keselamatan dan kecelakaan transportasi di perairan. 

"Mencermati hal di atas, sebagai instansi yang bertanggung jawab terhadap operasi pencarian, penyelamatan, pertolongan dan evaluasi pada pelayanan kebencanaan pada tahap darurat serta kondisi membahayakan masyarakat, pemerintah provinsi Maluku  berharap Basarnas berupaya untuk meningkatkan kemampuan dengan pertolongan dan penyelamatan korban, sehingga dapat menjamin keselamatan masyarakat," pintanya.

Sementara itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon Mustari mengaku pihaknya akan tetap siap siaga menghadapi berbagai kemungkinan peristiwa, akibat dampak cuaca dan iklim di Maluku.

"Kesiapan fasilitas maupun personil tetap dilakukan, kemudian kegiatan kemanusiaan Basarnas terhadap korban bencana dilakukan dengan kekuatan personil. Operasi kemanusiaan yang dilakukan juga turut bersinergi dengan unsur terkait.

Turut hadir Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Maluku, Ismail Usemahu, perwakilan pimpinan Forkopimda lingkup Pemprov/Pemkot Ambon dan lainnya. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini