AJI Ambon Imbau Media Tidak Eksploitasi Perempuan dalam Pemberitaan

Share:

Poster ucapan selamat hari perempuan internasional oleh AJI.
Photo: HO-AJI Ambon/ant

satumalukuID - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ambon, Maluku mengimbau kepada seluruh media massa agar tidak mengeksploitasi atau menyudutkan perempuan dalam pemberitaan.

Ketua AJI Kota Ambon, Tajudin Buano mengatakan, pemberitaan di media massa masih kerap ditemukan menyudutkan perempuan. Hal ini mudah ditemui di judul maupun isi berita, terutama soal kekerasan seksual di mana perempuan sebagai korban.

“Misalkan media menggambarkan perempuan dengan kata si cantik atau si montok. Atau contoh lain, seperti berpakaian minim, jadi penyebab si A diperkosa. Seharusnya, isi berita fokus pada perbuatan pelaku. Bukan malah menyudutkan korban,” kata Tajudin, di Ambon, Kamis (9/3/2023).

Menurutnya, jurnalis juga tidak perlu menguraikan sebuah peristiwa pemerkosaan atau kekerasan fisiknya, atau karikatur kekerasan terhadap perempuan secara sadis.

“Eksploitasi perempuan dalam media massa adalah menggunakan penggambaran perempuan dalam publikasi media seperti televisi, koran cetak, film, media daring dan iklan untuk meningkatkan perhatian pada media atau produk tersebut namun berdampak merusak dan tidak menghormati hak perempuan yang bersangkutan atau perempuan secara keseluruhan. Hal ini justru bisa menimbulkan stereotip,” katanya menerangkan.

Di sisi lain, ia menambahkan, media massa juga belum memberikan porsi seimbang di dalam pmberitaan bagi perempuan dalam menyampaikan pendapat atau gagasan.

“Oleh karena itu, kami mengimbau sekali lagi kepada media massa agar tidak mengeksploitasi perempuan dalam pemberitaan,” pinta Tajudin.

Ia berharap, ke depannya, seluruh media massa dapat lebih menghargai perempuan dalam pemberitaan-pemberitaan yang disebarluaskan. Tidak ada lagi eksploitasi perempuan yang dapat berdampak pada psikis perempuan.

“AJI Ambon sangat berharap, ke depannya perempuan tidak digambarkan dalam pemberitaan dengan secara sadis yang bisa saja akan mengganggu kesehatan mental mereka,” katanya berharap. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini