TPPS Gelar Rakor Percepatan Penangan Stunting di Maluku Utara

Share:


satumalukuID - Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Maluku Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh kepala daerah untuk menetapkan strategi dan dukungan aksi penurunan stunting di Malut.

Sekretaris TPPS Provinsi Malut, Renta Rego dihubungi, Kamis (23/2/2023), mengatakan, tujuan dari rakor yang dilakukan, untuk mengevaluasi capaian sasaran kinerja Program Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022, merumuskan strategi pencapaian sasaran kinerja yang belum memenuhi target, serta meningkatkan komitmen stakeholder dalam pelaporan pencapaian sasaran kinerja.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan percepatan penurunan stunting terdapat 19 indikator percapaian target antara dan 72 indikator percepatan target pelaksanaan lima pilar strategis nasional dalam Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

Kemudian ada 42 indikator dalam kegiatan prioritas dalam rencana aksi nasional perencanaan penurunan angka stunting Indonesia (RAN PASTI) yang akan dilaksanakan oleh berbagai pihak di seluruh tingkatan daerah untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.

"Untuk itu, diperlukan koordinasi di semua kementerian lembaga terkait, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, dan pemerintah desa/kelurahan untuk dapat melakukan pemanduan, sinkronisasi dan sinergitas program dan kegiatan dalam upaya percepatan penurunan stunting secara utuh, menyeluruh dan terpadu," kata Renta yang juga Kepala BKKBN Provinsi Malut.

Dia menyebut, Pemerintah melalui (BKKBN telah menetapkan Peraturan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor 12 Tahun 2021, tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan-- Angka Stunting Indonesia (Ran Pasti) Tahun 2021-2024 yang memuat panduan pelaksanaan koordinasi, sinkronisasi dan integrasi antar lintas sektor guna mencapai target penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Rapat Koordinasi (Rakor) TPPS Provinsi Malut dengan TPPSs Kabupaten/Kota se-Maluku Utara, bertempat di Red Corner, Kota Ternate, Kamis (23/02/2023) yang dibuka oleh Wakil Gubernur Malut, M. Al Yasin Ali dan Kepala BKKB Pusat sebagai pembicara kunci.

Sementara itu, Kepala BKKBN Pusat, dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K) dalam arahannya mengatakan, BKKBN sebagai Ketua Pelaksanaan Program Percepatan Penurunan Stunting siap melaksanakan arahan Presiden pada Rapat Terbatas Percepatan Penurunan Stunting pada tahun 2021 lalu.

"Stunting memiliki dampak pada menurunnya kualitas sumber daya manusia, produktifitas dan daya saing," kata Hasto. (​​Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini