Pemkot Ambon Tata Kawasan Eks Pasar Lama Jadi Lokasi Kuliner

Share:

Penjabat Wali Kota Ambn Bodewin Wattimena.

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku, akan menata kawasan eks pasar lama menjadi sentra wisata kuliner bagi masyarakat.

"Sesuai jadwal tanggal 3 Februari 2023 kita akan tertibkan kios dan lapak liar yang selama ini ditempati pedagang di eks pasar lama, guna ditata menjadi sentra kuliner," kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena di Ambon, Maluku, Rabu (25/1/2023).

Ia mengatakan kawasan eks pasar lama dan pasar gambus merupakan aset Pemerintah Kota Ambon yang harus ditertibkan, agar tidak dimanfaatkan masyarakat.

Pemkot Ambon telah menyampaikan surat peringatan sebanyak tiga kali untuk meminta warga mengosongkan kawasan tersebut.

"Pemberitahuan telah kami sampai kepada masyarakat yang selama ini masih mendiami kawasan eks pasar lama dan dilakukan kesepakatan antara masyarakat dengan pemkot terkait waktu pelaksanaan penertiban," katanya.

Selain kawasan eks pasar lama, juga akan dilakukan penertiban terhadap lokasi pasar gambus yang selama ini ditempati masyarakat.

"Saya telah bertemu dengan seluruh perwakilan RT dan RW di dua kawasan tersebut, kita telah sepakati untuk memberikan waktu kepada masyarakat di sana untuk mempersiapkan keluar dari pasar gambus tanggal 31 Desember 2023 dan akan dilakukan pembongkaran di awal Januari 2024," katanya.

Untuk lokasi pasar gambus akan dijadikan sebagai lokasi pangkalan mobil truk yang selama ini berada di sepanjang ruas jalan Yos Soedarso.

"Saya berharap di rentang waktu satu tahun ini mesti dimanfaatkan warga untuk mencari tempat tinggal yang baru dan kedua mempersiapkan untuk pembongkaran secara pribadi-pribadi tempat penjualan saat ini," kata Bodewin. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini