Tim SAR Evakuasi Penumpang dari Kapal yang Kemudinya Patah di Sofifi

Share:

Petugas mengevakuasi penumpang dari KMP Ferindo VI, yang kemudinya patah di perairan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Kamis (22/12/2022).
Photo: HO Basarnas Ternate/ant

satumalukuID - Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Provinsi Maluku Utara, telah mengevakuasi 278 penumpang dari kapal feri KMP Ferindo VI, yang kemudinya patah saat berada di wilayah perairan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman saat dihubungi dari Ternate, Jumat (23/12/2022), mengatakan bahwa Kapal Negara (KN) SAR Pandudewanata, RIB 04 Ternate, dan Kapal KSOP 358 Ternate dikerahkan untuk mengevakuasi penumpang dari kapal rute Sofifi-Ternate tersebut.

KN SAR 237 Pandudewanata tiba di tempat KMP Mutiara Ferindo VI berada pada Kamis (22/12/2022) pukul 19.32 WIT. Petugas SAR di kapal itu kemudian mendata penumpang dan mengevakuasi mereka.

KN SAR 237 Pandudewanata digunakan untuk mengevakuasi 183 penumpang dari kapal tersebut, sedangkan KNP 358 KPLP digunakan untuk mengevakuasi 95 penumpang.

Sebanyak 18 penumpang memilih untuk bertahan di KMP Mutiara Ferindo VI bersama 15 anak buah kapal karena kendaraan mereka berada di dalam kapal.

Fathur mengatakan bahwa pada Kamis (22/12) pukul 21.20 WIT penumpang KMP Mutiara Ferindo VI yang dievakuasi sudah tiba di Pelabuhan Ahmad Ternate dalam kondisi selamat.
 
Fathur Rahman juga mengatakan bahwa Basarnas sudah menyiagakan personel guna mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana semasa libur Natal dan Tahun Baru.

Semasa libur Natal 2022 dan Tahun 2023, Basarnas Ternate menyiagakan personel di Bandar Udara Sultan Babullah, Pelabuhan Dufa Dufa, Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua, Pelabuhan Bastiong, dan Pelabuhan Feri Ternate selain menyiapkan petugas di kantor pos dan unit SAR seperti Tobelo, Bacan, Morotai, dan Sanana.

Kantor Pencarian dan Pertolongan juga menyiapkan Kapal KN SAR 237 Pandudewanata, Kapal RB 309, Rigit Inflatable Boat (RIB), perahu karet, kendaraan operasional, serta peralatan SAR untuk mendukung operasi SAR dari 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini