Polda Maluku Tetapkan Satu Tersangka Modus Calo Penerimaan Casis Polri

Share:

Tersangka dugaan penipuan modus calo Casis Polri (kanan), di Mapolres Malra.
Photo: HO-Polda Maluku/ant



satumalukuID - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku menetapkan satu tersangka AHZR pada kasus dugaan penipuan dengan modus calo penerimaan calon siswa Polri tahun 2022.

"AHZR ditetapkan sebagai tersangka dan telah ditahan berdasarkan laporan polisi Nomor : LP-B/263/V/2022/MALUKU/SPK tanggal 20 Mei 2022. Ia dipolisikan oleh korban berinisial HAB," ujar Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Roem Ohoirat di Ambon, Selasa (13/12/2022).

Dia mengungkapkan kasus penipuan ini terjadi di Desa Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, pada 7 Januari 2022.

Kasus ini berawal saat korban berkeinginan untuk menjadi anggota Polri. Ia kemudian menghubungi almarhum NNT. Oleh NNT kemudian mempertemukan korban dengan tersangka.

"Pada saat bertemu tersangka menyampaikan kepada korban kalau mau jadi polisi siapkan uang Rp.200 juta," kata Roem.

Mendengar pengakuan tersangka, korban lalu menyetujuinya. Ia kemudian menyerahkan uang kepada tersangka sebesar Rp.200 juta.

"Uang Rp 200 juta diserahkan dua kali kepada tersangka," ungkap mantan Kapolres Tual ini.

Setelah menyerahkan uang, korban yang mengikuti tes Casis Polri, ternyata tidak lulus. Korban yang merasa telah ditipu akhirnya membawa kasus ini ke ranah hukum.

"Tersangka sudah kami tahan terhitung tanggal 12 Desember 2022. Barang bukti yang disita yakni satu lembar kuitansi penyerahan uang, dan tujuh lembar rekening koran," ujarnya.

Roem mengaku Polda Maluku telah berulang kali mengingatkan masyarakat agar tidak percaya dengan siapa pun yang mengaku dapat memasukkan seseorang menjadi anggota Polri.

"Karena proses seleksi dilakukan dengan begitu ketat dan dikontrol secara berlapis baik oleh pengawas internal maupun pengawas eksternal," katanya.

Untuk menjadi anggota Polri, Polda Maluku juga telah menekankan sejak awal tidak memungut biaya apa pun (gratis). Yang dibutuhkan ialah setiap calon siswa Polri agar dapat menyiapkan diri dengan baik untuk mengikuti semua proses seleksi.

"Siapkan diri dengan baik dan ikuti seleksi sesuai proses yang telah ditetapkan dan jangan percaya pada siapapun yang bilang bisa bantu masukkan jadi anggota Polri," ujar Roem. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini