PLN Rampungkan Proyek Rekonfigurasi SUTT dan GI 150 kV PLTMG Ambon

Share:

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku Papua berhasil melaksanakan penyambungan tegangan listrik pada jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Gardu Induk (GI) 150 kV Ambon Peaker - GIS Passo.
Photo: HO-PLN UIP Maluku Papua/ant

satumalukuID - PT PLN (Persero) berhasil melaksanakan penyambungan tegangan listrik pada jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Gardu Induk (GI) 150 kV Ambon Peaker - GIS Passo.

"Penyambungan tegangan berhasil dilangsungkan secara bertahap pada SUTT dan GI 150 kV Ambon Peaker - GIS Passo Sirkit, dimana pencapaian ini akan semakin meningkatkan keandalan sistem kelistrikan untuk Kota Ambon," kata Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) PLN UIP Maluku, Nugroho Budi Sulaksono, di Ambon, Kamis (15/12/2022).

Ia menyatakan, dengan rampungnya proyek ini maka dapat mengurangi kehilangan daya yang selama ini terjadi pada jaringan SUTT dan GI tersebut.

Untuk pekerjaan rekonfigurasi sistem Ambon pada SUTT dan GI 150 kV PLTMG Ambon Peaker - GIS Passo, dilakukan energize dengan total
​43 tower yang membentang sepanjang 13,08 kilometer, selanjutnya akan dilakukan energize pada Sirkit 2 dalam waktu dekat.

"Sementara untuk SUTT dan GI 150 kV PLTMG Ambon Peaker - GIS Passo Sirkit 2 dan SUTT 150 kV GIS Passo - GI Sirimau, kami masih menunggu proses penyelesaian pekerjaan Bay Line di GI 150 KV Sirimau selanjutnya kami uji intertrip yaitu pengujian pada sistem kelistrikan antar gardu induk dan berlanjut pada tahap energize," katanya.

General Manager Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku dan Papua, Sukahar, dengan adanya energize ini diharapkan tidak hanya meningkatkan keandalan di sektor kelistrikan, tetapi berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Ambon.

Ia menyatakan, hal ini merupakan komitmen PLN memberikan pelayanan listrik yang terbaik bagi masyarakat.

Pekerjaan rekonfigurasi sistem kelistrikan di Ambon ini, tentunya akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan dan menghindari defisit daya, serta tentunya upaya pencegahan potensi padam yang cukup lama dan meluas di Kota Ambon.

Keandalan sistem kelistrikan, katanya, memegang peranan penting dan mutlak dalam mendukung perekonomian masyarakat. PLN siap hadir untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Ambon, serta seluruh instansi dan Lembaga Negara terkait serta seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung sepenuhnya sehingga seluruh proses tahapan pekerjaan berjalan lancar dan baik,” ujarnya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini