IAKN Ambon Tingkatkan Penguatan Moderasi Beragama

Share:

Rektor IAKN Ambon Yance Rumaruhu. ANTARA/HO-IAKN Ambon.


satumalukuID - Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Maluku melakukan peningkatan penguatan moderasi beragama sebagai solusi menata keragaman, meminimalisasi paham radikalisme dan terorisme.

"Upaya tersebut dilakukan melalui pencanangan bulan moderasi beragama, sebagai bentuk komitmen untuk membangun harmoni dan keragaman yang menjadi tagline IAKN Ambon," kata Rektor IAKN Ambon Yance Rumaruhu di Ambon, Senin.

Ia mengatakan penguatan moderasi beragama merupakan program prioritas Kementerian Agama dan Ditjen Bimas Kristen, dan ditindaklanjuti setiap lingkungan kampus.

IAKN Ambon semakin menegaskan keragaman dengan meresmikan rumah moderasi beragama di tahun 2020, dengan sejumlah program internal terkait sosialisasi dan membangun sikap moderat di lingkungan kampus.


Program eksternal, katanya, menjadi agen untuk membangun cara pandang beragama secara moderat di lingkungan masyarakat yang lebih luas.


Bulan Moderasi Beragama, kata dia, diisi dengan sejumlah kegiatan yang membantu proses penguatan moderasi beragama di kampus maupun di luar kampus.


"Kegiatan di luar kampus telah kita laksanakan sejak bulan September 2022 di beberapa kabupaten di Maluku yakni Kabupaten Buru dan Seram Bagian Barat (SBB)," ujarnya.


Pada Oktober 2022 akan dilaksanakan Bulan Moderasi Beragama di Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku Tengah, dan Kota Ambon, bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Maluku.


"Kami juga berencana mencanangkan satu wilayah di Seram Utara yakni di Labuan Pasanea sebagai desa binaan moderasi beragama di bulan ini," katanya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini