Pesparawi Nasional XIII, Kontingen Maluku Bawa Pesan Damai dan Target Kembalikan Gelar Juara Umum

Share:

satumalukuID – Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XIII yang berlangsung 19-26 Juni 2022 di Daerah Istimewa Yogyakarta, secara resmi dibuka oleh Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi bertempat di Pelataran Siwa, Candi Prambanan, Senin (20/6/2022)).

Ajang Pesparawi diikuti perwakilan dari seluruh provinsi se-Indonesia. Jumlah pesertanya mencapai 8.000 orang ditambah dengan tim ofisial dan juga penggembira yang diperkirakan mencapai 30 ribu orang.

Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), Pdt Elifas Maspaitella STh yang turut hadir pada pembukaan Pesparawi Nasional XIII saat dihubungi media ini, mengatakan, ada dua harapan yang diusung kontingen Maluku.

“Harapan kami. Kontingen Maluku dapat persembahkan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan dan perdamaian Indonesia. Sesuai tema Harmony in Diversity dan semoga juara umum berhasil kita raih kembali,” ungkapnya.

Pdt Elifas menambahkan, kontingen Maluku harus membawa pesan damai dari negeri rempah-rempah untuk Indonesia tercinta.

Sementara itu, Ketua LPPD Provinsi Maluku Drs. Polly Kastanya MSi, menyatakan, bahwa Maluku siap untuk menampilkan yang terbaik dan membawa kembali mahkota juara umum seperti tahun-tahun sebelumnya dan yang terakhir 2015.

Dirinya pun menyampaikan bahwa formasi kali ini sedikit berbeda karena proses audisi dilaksanakan di semua kabupaten/kota se-Maluku dan menghasilkan kelompok paduan suara yang merata mewakili semua dan mereka dipadukan menjadi satu.

“Sampai kini untuk semua jenis perlombaan, seluruh peserta sudah siap, apalagi sebelumnya proses tryout dan pembinaan terpusat sangat maksimal. Jadi di beberapa kategori Maluku bisa masuk kategori gold dan dapat membawa kembali mahkota juara umum,” ujar Polly.

Kontingen Maluku ikut Pesparawi 2022 ini dengan kekuatan penuh 258 personil, terdiri dari 201 peserta, 21 pelatih, 63 official dari perwakilan LPPD semua kabupaten/kota.

Seperti diketahui seharusnya event ini berlangsung tahun 2021 namun karena kondisi pandemi Covid-19 maka baru bisa dilaksanakan pada saat ini.

Ada 12 jenis perlombaan yang dilombakan dalam event gerejawi nasional ini yakni Paduan Suara Dewasa Campuran, Paduan Suara Wanita, Paduan Suara Pria, Paduan Suara Anak, Paduan Suara Remaja Pemuda, Vocal Group, Musik Gereja Nusantara, Musik Pop Gerejawi, Solo Anak 7-9 tahun, Solo Anak 10-12 tahun, Solo Remaja Putri, Solo Remaja Putra.

Polly meminta dukungan doa umat Kristiani di Maluku kepada semua peserta, karena motivasi tertinggi pihaknya adalah menyanyi bagi kemuliaan Tuhan dan Maluku dapat menyampaikan pujian perdamaian kepada Indonesia di event gerejawi nasional tersebut. (SM-05)

Share:
Komentar

Berita Terkini