Maluku Alami Inflasi Cukup Tinggi dari Inflasi Nasional pada Mei 2022

Share:

satumalukuID – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku menyatakan Maluku mengalami inflasi pada bulan Mei 2022 sebesar 0,73 persen yang lebih tinggi daripada inflasi nasional maupun inflasi wilayah Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua).

“Inflasi bulan Mei 2022 tercatat sebesar 0,73 persen, sedikit lebih rendah bila dibandingkan periode bulan sebelumnya sebesar 0,77 persen. Namun demikian, inflasi Maluku pada Mei 2022 tersebut tercatat lebih tinggi bila dibandingkan dengan capaian di tingkat nasional maupun wilayah Sulampua yang mencatatkan inflasi masing-masing sebesar 0,49 persen serta 0,44 persen,” Kata Deputi Kepala Perwakilan BI Maluku Lukman Hakim, di Ambon, Jumat (3/6/2022).

Secara tahunan, ia mengatakan capaian inflasi Maluku tercatat sebesar 4,93 persen atau  (yoy) atau sedikit menurun dari April 2022 yang sebesar 4,94 persen. Meskipun demikian, inflasi tahunan tersebut tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi nasional maupun kawasan Sulampua, yang masing-masing sebesar 3,55 persen dan 3,69 persen (yoy).

Capaian inflasi Maluku tersebut juga berada di atas rentang sasarannya pada 2022 sebesar 3,0 kurang lebih satu persen (yoy).

Meskipun secara bulanan tercatat menurun, namun capaian inflasi Maluku pada Mei 2022 ini  masih lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata inflasi  pada periode pasca  hari besar  keagamaan nasional  (HBKN) Idul Fitri selama tiga tahun terakhir yang sebesar 0,59 persen (mtm).

Menurutnya, masih tingginya inflasi pada periode HBKN idulfitri ini didorong oleh kenaikan harga  pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,36 persen (mtm) serta masih tingginya inflasi pada kelompok transportasi sebesar 0,73 persen (mtm).

Inflasi pada kelompok makanan, minuman,  dan tembakau  meningkat didominasi oleh  komoditas perikanan seperti ikan layang, ikan cakalang,  serta ikan selar yang masing-masing  mengalami inflasi sebesar 18,52 persen (mtm), 32,45 persen (mtm), dan 18,49 persen (mtm).

Kenaikan harga pada komoditas perikanan disebabkan oleh La nina yang meningkat signifikan menuju  tingkat tertingginya sejak dua tahun terakhir. Kondisi tersebut menyebabkan  tingginya potensi  curah hujan dan angin kencang  yang mengganggu  aktifitas penangkapan ikan.

Meningkatnya  inflasi pada kelompok ini  juga turut mendorong  oleh kenaikan harga  rokok  sebagai dampak dari kenaikan  cukai rokok di awal tahun.

Tekanan inflasi pada kelompok transportasi  disebabkan oleh kenaikan harga tarif angkutan udara yang meningkat sebesar  2,63 persen (mtm). Kenaikan tersebut tidak terlepas  dari meningkatnya harga minyak dunia yang berdampak pada naiknya harga avtur.

Di sisi pemerintahan , pelonggaran regulasi  pelaku perjalanan udara  juga berdampak pada  peningkatan permintaan  terhadap jasa angkutan udara. Berdasarkan kegiatan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Maluku  tarif angkutan udara rute Ambon-Langgur tercatat sebesar Rp2.027.000 atau meningkat secara mingguan sebesar 50,65 persen (wtw) dan pada minggu ke IV bulan Mei 2022.

TPID Provinsi Maluku berkomitmen untuk terus memperkuat koordinasi upaya pengendalian  inflasi di tahun 2022. Upaya  pengendalian inflasi di Maluku ke depan akan tetap didasarkan  pada strategi 4K (Keterjangkauan Harga,  Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi,  dan Komunikasi Efektif).

Sebagai bagian dari strategi ini  upaya  untuk meningkatkan ketercukupan  produksi bahan makanan pokok  dari dalam wilayah Maluku akan menjadi salah satu target  utama . Perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan provinsi lain di Indonesia  juga akan  terus diperluas guna memperkuat  ketahanan pasokan di Maluku.

Share:
Komentar

Berita Terkini