Umat Buddha di Kota Ambon Rayakan Waisak di Vihara Swarna Giri Tirta

Share:

satumalukuID – Umat Buddha di Kota Ambon merayakan hari Tri suci Waisak 2556 BE tahun 2022 di Vihara Swarna Giri Tirta, di Kawasan Gunung Nona, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Persembahyangan Waisak ini, dipimpin langsung oleh ketua Walubi Maluku, Wilhelmus Jauwerissa.

“Tema kita kali ini adalah ‘Jalan kebinasaan menuju kebahagiaan sejati’. Bisa kita lihat ini merupakan realita daripada jalan kebijaksanaan itu sendiri,” kata Ketua Walubi Maluku, Wilhelmus Jauwerissa, di Ambon, Senin (16/5/2022).

Ia mengatakan, hari ini merupakan hari yang sangat disyukuri umat Buddha yang berada di Provinsi Maluku, karena dapat melaksanakan perayaan Waisak dengan lancar di tahun ini.

“Kami juga bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah yang senantiasa telah membangun kerja sama dengan masyarakat sehingga mencapai level-level yang rendah pada PPKM di Kota Ambon. Olehnya itu kita bersyukur dapat merayakan pada tahun ini dengan tentram dan damai,” ucapnya.

Menurut dia, ini juga berkat masyarakat yang telah mengandalkan vaksinasi dan patuh terhadap protokol kesehatan (Prokes), sehingga hasil dari kerja sama ini, dapat dinikmati oleh semua masyarakat di Maluku, terutama di Kota Ambon.

“Semoga kita tetap mempertahankan diri supaya kita jangan melihat pada level ini saja, tapi kita tetap menjaga prokes, Sehingga semua terbebas, merdeka, dan dapat mengembangkan ekonomi, serta aktivitas maka itulah kesejahteraan kita,” kata Wilhelmus.

Wilhelmus berpesan kepada seluruh komponen masyarakat, agar senantiasa berpegang teguh dan patuh kepada kebijakan pemerintah, karena pemerintah selalu mengharapkan kita terbangun kepada kesejahteraan.

“Buddha tidak pernah melihat sesuatu hal secara negatif. Dalam konteks Buddha, kami selalu mengharapkan bahwa semua makhluk hidup mempunyai kebebasan. Jadi kita harus memberikan ruang kepada siapa pun untuk hidup dalam kedamaian,” pungkasnya.

Perayaan Waisak diselenggarakan dengan melakukan ibadah pada pukul 10.00 WIT hingga selesai.

Share:
Komentar

Berita Terkini