Ribuan Umat Islam Kota Ambon Sholat Ied di Mesjid Raya Alfatah

Share:

satumalukuID – Pasca pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah pada Senin, 2 Mei 2022 sesuai keputusan  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas setelah melakukan sidang isbat Minggu (01/05/2022), maka umat muslim seluruh Indonesia akhirnya melaksanakan sholat Ied di berbagai wilayah tanah air.

Sebelumnya pula, Nahdlatul Ulama (NU) juga menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah pada Senin, 2 Mei 2022. Penetapan itu dilakukan setelah hilal dinyatakan terlihat.

Terkait dengan itu, ribuan umat muslim Kota Ambon dan sekitarnya, melaksanakan Sholat  Idul Fitri 1443 Hijriah di masjid Raya Alfatah Ambon, Senin (02/05/2022).

Shalat Ied dimulai sekitar pukul 07.40 WIT, dipimpin Imam Masjid Raya Alfatah R.R. Hassanussi dan khotib Dr Abdurahim Yapono, pengasuh Pondok Pesantren Modern Darul Ihsan Laimu, Telutih, Maluku Tengah.

Sejak subuh jelang pagi, warga terpantau mulai membanjiri Masjid Raya Alfatah Ambon mulai pukul 06.30 WIT. Jamaah Shalat Ied, tak hanya datang dari kawasan sekitar masjid raya, jnamun uga dari kawasan Batumerah, Galunggung, Kebun Cengkeh dan Ponogoro.

Jamaah membludak, hingga sebagian dari mereka memilih menggelar koran dan tikar di Jln Sultan Baabullah, Jln A.M Sangadji dan Jln  pelataran Masjid Raya Alfatah A.J. Patty.

Shalat Ied berjalan aman dan lancar, dikawal personil gabungan  TNI – Polri dan sejumlah ormas dan sesudahnya jamaah saling berjabat dan bersilaturahmi. (SM-05)

Share:
Komentar

Berita Terkini