DLH Antisipasi Pohon Tumbang di Ternate

Share:

satumalukuID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, Maluku Utara, memangkas cabang pohon besar di sejumlah ruas jalan di daerah tersebut untuk mencegah pohon tumbang, khususnya saat terjadi cuaca buruk.

“Kami bersama dengan tim BPBD Kota Ternate, langsung melakukan memangkas cabang pohon besar di Kelurahan Dufa-Dufa, Kecamatan Ternate Utara, untuk cegah pohon tumbang,”kata Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Kota Ternate, Muchlis Latif di Ternate, Sabtu.

Menurut dia, pangkas cabang pohon besar itu atas masukan dari warga, karena mereka khawatir terjadi pohon tumbang, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, yang mengakibatkan satu pohon tumbang yang menimpa pengendara motor tepatnya di jalan raya Kelurahan Kalumata. Kecamatan Ternate Selatan.

Muchlis menjelaskan, bahwa sesuai imbauan dari prakiraan cuaca BMKG setempat, bahwa beberapa hari ke depan Kota Ternate, masih dilanda cuaca buruk, seperti angin kencang dan curah hujan, sehingga kita juga perlu memangkas cabang pohon, apalagi pohon tersebut sudah berusia puluhan tahun, khawatir akan terjadi pohon tumbang.

Oleh karena itu, kata dia, kami mengimbau kepada warga di Kota Ternate untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk yang kini masih melanda di daerah ini, dengan memperhatikan kondisi lingkungan, khususnya rumah mereka yang berdekatan dengan pohon besar.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dari BPBD Kota Ternate, Nurdin menyatakan, pihaknya hanya membantu petugas DLH, sehingga kegiatan ini dapat tertangani secara optimal.

“Adanya kejadian beberapa waktu yang memakan korban yang tewas di lokasi kejadian, akibat tertimpa pohon, sehingga warga di daerah ini meminta kami untuk memangkas cabang pohon, karena khawatir terkait kondisi lingkungan mereka yang berdekatan dengan pohon penghijauan kota,” ujar Kasi.

Share:
Komentar

Berita Terkini