BPTD Maluku Utara Minta Operator Kapal Penyeberangan Patuhi Jadwal Arus Balik

Share:

satumalukuID – Lalu lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP), Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXIV Maluku Utara (Malut) meminta operator ASDP mematuhi jadwal kapal akan melayani rute antar-pulau selama arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kepala Seksi LLASDP, BPTD Wilayah XXIV Malut, Hamka Husen di Ternate, Rabu (4/5/2022), menyatakan, pihaknya telah menetapkan jadwal angkutan penyeberangan lintas komersil dan perintis di Malut selama arus mudik dan arus bulan Mei 2022 agar dipatuhi oleh operator kapal penyeberangan sesuai ketentuan berlaku.

BPTD meminta setiap kapal penyeberangan akan masuk dan keluar dari jadwal, tentunya operator kapal wajib membuat surat pemberitahuan ke BPTD.

Dia menyebut, khusus kapal angkutan penyeberangan pada keberangkatan Jumat harus dioperasikan seusai shalat Jumat.

Selain itu, perhatikan informasi dari BMKG setempat berdasarkan arahan BPTD dan jadwal harus diinformasikan sewaktu-waktu terjadi perubahan.

Olehnya itu, sesuai laporan untuk rute Ternate-Sofifi 7 trip dengan menggunakan KMP Gorango, KMP Tuna, GM.7, KMP Maming, ALP dan ALP

Rute Ternate Sidangoli 4 trip menggunakan armada ALP da KMP Bobara dan Ternate-Rum Tidore Kepulauan 4 trip menggunakan GM.7, KMP Portlink VIII dan KMP Portlink

Sementara itu, Manajemen PT ASDP Pelabuhan Feri Cabang Ternate menyatakan, aktivitas arus mudik – arus balik dari dan ke pelabuhan Feri Bastiong Ternate untuk berbagai daerah tujuan mulai alami kepadatan dan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu.

Manajer Usaha, ASDP Indonesia Ferry Ternate, Nurdin menyatakan, tetap menyampaikan jadwal aktivitas penyeberangan LLASDP, BPTD Wilayah XXIV Malut dan untuk kondisi penumpang arus mudik belum terjadi lonjakan penumpang dan  pelayanan masih dalam kondisi normal.

Namun, kepadatan penumpang mulai terlihat terutama untuk rute Ternate-Sidangoli, Ternate-Sofifi maupun Ternate-Bitung, Sulawesi Utara.

Sedangkan, rute Ternate – Rum, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), sejak pagi hingga siang terlihat ribuan kendaraan roda dua dan ratusan kendaraan roda empat memadati Pelabuhan ASDP Feri Cabang Ternate, untuk bersilaturahmi ke keluarganya pada H+1 dan H+2 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Dia mengatakan untuk hari ini telah menyiapkan tambahan empat buah kapal feri untuk melayani rute tujuan Rum, Kota Tidore Kepulauan, karena sejak pagi tadi hingga siang calon penumpang melonjak untuk tujuan daerah itu, sehingga sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang maka akan ada penambahan trip khusus rute Ternate-Rum Tidore Kepulauan PP dengan menyiapkan sebanyak 13 kapal penyeberangan.

Dia menambahkan, rute Ternate-Rum Kota Tidore Kepulauan untuk penumpang ini bukan merupakan arus balik lebaran, tetapi mereka ke Rum maupun ke Kota Ternate untuk bersilaturahmi bersama keluarga dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dalam suasana lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Share:
Komentar

Berita Terkini