Sikapi Konflik di Haruku, Ketua Sinode GPM Minta Aparat Keamanan Tanggap dan Cepat Bertindak

Share:

satumalukuID – Ketua Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Pendeta Elifas Maspaitella meminta aparat keamanan lebih tanggap dan bergerak cepat menyikapi konflik antar warga Negeri Kariuw dan Dusun Ori – Negeri Pelauw, Kec Pulau Haruku, Maluku Tengah  yang terjadi Selasa (25/1/2022).

“Kita butuh penanganan ekstra karena kita tahu anatomi berbeda dengan konflik antar kampung lainnya. Untuk anatomi ini berbeda jadi lebih cepat itu kita bersama-sama,” tandas Maspaitella.

Maspaitella hadir dalam pertemuan bersama tokoh agama dan Pemprov Maluku yang dipimpin oleh Sekda Maluku Sadli Ie, di kantor Gubernur Maluku, Rabu (26/1/2022).

Dikatakan, pihaknya sudah koordinasi dengan semua pihak termasuk jajaran TNI/Polri agar dapat memfasilitas pertemuan dengan masyarakat disana agar bisa mengambil langkah kedepan.

Pihak GPM sudah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk jajaran TNI/Polri dan juga Gubernur. Bahkan tim juga sudah berada dalam pemberangkatan personel tambahan.

Dia berharap pemda dapat memfasilitasi pertemuan apakah itu di pemda dengan masyarakat disana atau dengan komponen sebagai bagian dari proses mediasi.

“Saya ingin menjadi fasilitator berperan aktif, karena kita sudah pengalaman yang lalu dan mari kita mengelola sesuai dengan pengalaman kita bersama dan kita belajar dari masa lampau dan cara kita agar tidak terjadi terus-menerus,” ungkap Maspaitella.

Share:
Komentar

Berita Terkini