Perayaan Natal Sinode Gereja Protestan Maluku Dilaksanakan di Gereja Imanuel Ternate

Share:

satumalukuID – Perayaan Natal Sinode GPM Maluku dilaksanakan di Gereja Imanuel, Klasis Ternate,Maluku Utara, Jumat (21/1/2022).

Acara Perayaan Natal berlangsung dalam suasana kekeluargaan diwarnai dekorasi khas budaya Ternate, termasuk pakaian adat Ternate.

Kebaktian Perayaan natal Sinode GPM dipimpin oleh Pendeta Novadyette Mailoa/N. 

Bodewin Wattimena, Ketua Panitia PHBG Sinode GPM, dalam laporannya, mengatakan sesuai arahan MPH Sinode GPM, Perayaan Natal tingkat Sinode GPM tahun 2021 dilaksanakan bersama dengan umat GPM di wilayah pelayanan Provinsi Maluku Utara dan dirayakan di Klasis Ternate tepatnya di Gereja Imanuel.

Wattimena juga melaporkan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan PHBG Sinode GPM, antara lain; sepekan pembinaan keluarga (kebaktian di keluarga-keluarga) yang telah berlangsung sepanjang Minggu-minggu Adventus.

Pastoral dan aksi diakonia pada seluruh tingkatan pelayanan yang terlaksana pada tingkat Klasis dan jemaat seGPM dan pada tingkat Sinode akan dilaksanakan pada Sabtu (22/1/2022).

Sementara itu, mengawali arahannya, Pendeta E T Maspaitella – Ketua MPH Sinode GPM mengatakan, menjadi GPM di Maluku Utara adalah menjadi Maluku Utara secara hakiki.

“Kami sadari bahwa GPM adalah gereja suku yang berada di dua provinsi, yakin Maluku Utara dan Maluku,”ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa kohesi atau kesatuan dua sub kultur ini adalah suatu keniscayaan yang dapat menjaga kesatuan dalam keragaman masyarakat Timur Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Pendeta Maspaitella mengungkapkan bahwa ada dua agenda penting yang akan dilaksanakan di Klasis Ternate yaitu Rapat Evaluasi Anggaran Tahunan 2021, dan Natal Kristus Sinode GPM.

Walikota Ternate Dr. H. M. Tauhid Soleman,M.Si, dalam sambutannya mengatakan kerukunan umat beragama yang merupakan pilar kerukunan nasional yang dinamis harus terus dipelihara dari waktu ke waktu. Di kota ini lahir dari Rahim toleransi dan saling mengasihi.

Modal tersebut saya tuangkan dalam tujuan pembangunan yakni sebagai pemegang sekaligus pengambil kebijakan yaitu semua warga punya hak yang sama untuk pelayanan.

Menutup rangkaian acara Perayaan Natal Sinode GPM, KH. Abdul Gani Kasuba, Lc – Gubernur Maluku Utara, menyambut dengan hangat tamu undangan.

Share:
Komentar

Berita Terkini