Dinas Kesehatan Ambon Targetkan Tenaga Kesehatan Vaksin Dosis Ketiga

Share:

satumalukuID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Ambon menargetkan seluruh tenaga kesehatan (Nakes) menjalani vaksinasi COVID-19 tahap ketiga.

“Kita menargetkan sampai akhir Desember 2021 seluruh Nakes sudah divaksin dosis ketiga,” kata Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy, Selasa.

Dikatakannya, jumlah Nakes berdasarkan data Dinkes Ambon ada sebanyak 3.512 orang, sedangkan total SDM kesehatan ada 4.053 orang.

“Sampai hari ini sebanyak 1.308 atau 31,8 persen dari target 3.512 Nakes telah menjalani vaksinasi tahap ketiga,” ujar Wendy.

Vaksinasi dosis ketiga, diberikan kepada SDM kesehatan yang terlibat mendukung kegiatan penanganan COVID-19.

SDM kesehatan yang mendapat dosis ketiga itu sebelumnya telah mendapatkan dua dosis vaksinasi COVID-19 lengkap.

Wendy menjelaskan, banyak Nakes yang tertunda divaksin ketiga, karena saat puncak pandemi COVID -19 pada Juli 2021 kurang lebih ada 200 Nakes terkonfirmasi positif.

“200 Nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19 hanya untuk Dinkes Ambon, belum termasuk di RS, klinik atau lainnya, sehingga mereka harus menunggu waktu tiga bulan baru bisa divaksin yakni pada Oktober 2021,” ujarnya.

Diakuinya, surat edaran Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan nomor HK.02.01/I/2524/2021 tentang vaksinasi COVID-19 bagi penyintas.

Penyintas atau seseorang yang pernah mengalami positif COVID-19 kini bisa disuntikkan vaksin setelah satu bulan dinyatakan sembuh dan hasil swab negatif.

“Kita berharap nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19 dapat menjalani vaksinasi tahap tiga,dengan vaksin jenis moderna,” kata Wendy.

Vaksinasi dosis ketiga berjarak satu bulan setelah dosis kedua, yakni vaksin Moderna mRNA-1273 dengan ketentuan diberikan secara intramuskular dengan dosis 0,5 mL.

“Kita vaksin bertahap, karena KIPI terdapat KIPI mulai dari panas demam dan juga pusing. Jika disuntik bersamaan bisa pelayanan terkendala,” tandas Wendy.

Share:
Komentar

Berita Terkini