Kadiskesal Tinjau RS FX Soehardjo Lantamal IX Ambon

Share:

satumalukuID – Kepala Dinas kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI Agus Guntoro meninjau kesiapan Rumah Sakit TNI-AL (Rumkital) dr. FX. Soehardjo Lantamal IX / Ambon, di Ambon, Kamis.

Kadiskesal bersama tim bakti sosial Gebyar Vaksin di Provinsi Papua dalam rangka percepatan vaksinasi untuk mendukung pelaksanaan PON XX bersama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), tiba dengan pesawat Herkules, di Ambon, Kamis pagi.

Pesawat milik TNI-Al yang terbang dari bandara Halim Perdana Kusuma itu, hanya transit untuk mengisi bahan bakar.

Waktu yang singkat itu dimanfaatkan Kadiskesal bersama sejumlah personil satgas untuk mengunjungi RS FX. Soehardjo, terutama sejumlah sarana dan prasarana yang dimiliki rumah sakit tersebut.

Ia juga sempat berdialog dan mendengarkan informasi terkait upaya penanganan COVID-19 yang dilaksanakan jajaran rumah sakit milik Lantamal Ambon itu, serta meninjau pelaksanaan seribuan vaksinasi yang dilakukan bagi warga maritim di halaman rumah sakit di Desa Halong, kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Dia berharap program serbuan vaksinasi terus dilancarkan Lantamal IX / Ambon, guna memenuhi target dua juta dosis per hari sekaligus mempercepat pembentukan kekebalan kelompok di provinsi Maluku.

Kadiskesal yang juga penanggung jawab Gebyar Vaksin di Provinsi Papua, menjelaskan bakti sosial itu dalam rangka percepatan vaksinasi COVID-19 masyarakat Provinsi Papua untuk mendukung sukses penyelenggaraan PON XX.
Menurutnya, personel yang tergabung dalam Satgas Vaksinasi Papua sebanyak 81 orang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan TNI AL, Dinas Penerangan TNI AL, IPDN, dan relawan. “Kehadiran seluruh personel ini untuk memperkuat tim yang telah berada di Provinsi Papua, dengan jangka waktu tugas selama dua pekan, namun bila dibutuhkan akan menyesuaikan situasi,” katanya.

Dia menambahkan, Gebyar Vaksin dilaksanakan  pada 13-15 September 2021. “Vaksinasi pada 13 September akan dilaksanakan di IPDN Papua bagi masyarakat Kota Jayapura. Peserta vaksinasi pelajar SMP dan SMA serta mahasiswa dengan target 3.500 orang,” katanya.

Sedangkan  pada 14 September 2021 vaksinasi digelar di Kabupaten Jayapura, yakni di Kantor Bupati Jayapura dan stadion. Target vaksinasi sebanyak 3.000 orang.

Pada hari terakhir yakni 15 September 2021 digelar di Kabupaten Keerom dengan target 3.500 orang. Sementara, pelaksanaan vaksinasi dosis kedua akan dilaksanakan oleh dinkes provinsi dan kabupaten kota setempat.

“Kami juga mengoperasikan KRI Suharso untuk membantu pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di Papua dengan target 2.000 orang terlayani. Penyuntikan dilakukan di kapal sekaligus mengantisipasi KIPI,” katanya.

Target untuk di KRI Suharso yakni dari masyarakat dan pelajar mahasiswa di wilayah Jayapura Utara dan Jayapura Selatan.

Share:
Komentar

Berita Terkini