Lantamal Ambon Latih Ratusan Mahasiswa Poltekkes Maluku Cara Evakuasi Medis di Laut

Share:

satumalukuID- Tim Evakuasi Medis Laut Rumkital dr. FX. Suhardjo Pangkalan TNI AL (Lantamal) IX Ambon, memberikan pelatihan tentang cara mengevakuasi medis laut kepada ratusan mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Maluku.

Pelatihan evakuasi medis laut kepada sebanyak 103 orang mahasiswa Poltekkes ini berlangsung di dermaga Beaching Markas Komando Lantamal IX, Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Sabtu (3/4/2021).

Kepada ratusan mahasiswa Poltekkes Maluku, Komandan Lantamal IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Eko Joko Wiyono, menyampaikan, evakuasi medis di laut harus memperhatikan beberapa hal. Di samping knowledge dan etika, skill juga harus dimiliki para tenaga kesehatan, baik bidan maupun perawat.

“Mengingat kondisi geografis Maluku 92,4 persen wilayahnya merupakan laut, sehingga ilmu ini bisa bermanfaat saat penugasan ke depan,” ungkap Eko.

Sementara itu, Kepala Rumkital dr. FX. Suhardjo Lantamal IX Ambon, Letkol Laut (K) dr. Satrio Sugiharto, menambahkan, ratusan mahasiswa yang mengikuti pelatihan, juga akan dibekali dengan pelajaran teori maupun praktek evakuasi medis laut.

Berbagai pelatihan, kata Satrio, yang akan diberikan yaitu cara menaikan korban dari laut ke tandu air, serta perahu karet, pengoperasian motor tempel, teknik Uitemate (mengapung dan menunggu), Resusitasi Jantung Paru (RJP) dan Pernafasan buatan.

“Sebelum melaksanakan materi Lapangan para mahasiswa diberikan pengenalan materi dan aturan keselamatan di laut agar semua kegiatan berjalan dengan lancar dan aman. Dilanjutkan pemanasan/peregangan guna mencegah cidera saat pelaksanaan,” terangnya.

Untuk diketahui, sebelum kegiatan pelatihan dilaksanakan, para mahasiswa harus menjalani pemeriksaan rapid test antibodi, dan pengecekan suhu tubuh. Selama kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Share:
Komentar

Berita Terkini