Sudah 414 Warga Jalani Rapid Test Covid 19 di Terminal Mardika dan Puskesmas Rijali Ambon

Share:

satumalukuID – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kota Ambon merilis sebanyak 414 warga telah menjalani Random Rapid Test yang dilakukan di Terminal Mardika dan Puskesmas Rijali, Sabtu (9/5/2020) dan Senin (11/5/2020).

Tindakan random rapid test dilakukan terhadap rekam jejak pasien 18,19 dan 21.

Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kota Ambon juga merilis total kasus hingga 11 Mei pukul 16.40 WIT, mencapai 95 kasus. Pada update yang dirilis di ambon.go.id, rincian kasus adalah 56 ODP (orang dalam pengawasan), 28 PDP (pasien dalam pengawasan), dan 11 terkonfirmasi positif serta 12 sudah dinyatakan sembuh.

“Hari Pertama sebanyak 244 orang dan hari kedua sebanyak 170 orang, sehingga total masyarakat yang sudah mengikuti rapid test berdasarkan tracking pasien 18, 19 dan 21 sebanyak 414 orang,” jelas Juru bicara Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, Senin (11/5/2020).

Dia mengatakan, sesuai data yang terkumpul saat tracking, maka tim kembali melakukan Rapid Test terhadap sejumlah masyarakat yang pernah berkontak atau merasa pernah melakukan kontak secara langsung maupun tidak langsung dengan sejumlah pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid 19.

Rencananya random rapid test tersebut dilakukan hingga benar-benar tuntas. “Tuntas dalam arti semua yang merasa pernah melakukan kontak dengan pasien, sudah bisa kita test. Ini bukanlah hal yang mudah, karena pasar bukanlah tempat yang sepi,” timpal Joy.

Dia juga mengimbau masyarakat yang pernah melakukan kontak atau merasa pernah berada disekitar lokasi pasien namun tidak terdata, untuk segera melapor.

“COVID-19 bukan aib. Ini musibah yang bisa menimpa siapa saja. Jadi masyarakat tidak perlu kuatir,”

Rapid test yang dilakukan Gugus Tugas, merupakan salah satu upaya menekan penyebaran COVID-19.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini