Nuansa Perang Bintang Terjadi Saat Penjaringan Balon Gubernur dan Wagub Maluku 2024

Share:


satumalukuID - Nuansa atau aroma "perang bintang" mulai terjadi saat penjaringan bakal calon (balon) kepala daerah (Kada) menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Maluku pada November 2024 nanti.

Apalagi masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail dan Drs Barnabas Orno tinggal beberapa hari lagi atau tepatnya pada 24 April 2024.

Indikasi suasana "perang bintang" tersebut terlihat, saat dimulainya proses pentahapan pendaftaran dan penjaringan balon kada oleh beberapa partai politik di Ambon, Maluku.

Dimulai dari Partai Golkar yang kumpulkan para balon kepala daerah di Jakarta, awal Apil lalu.. Dimana untuk balon gubernur dan wagub Maluku ada lima nama yaitu Ramli Umasugy, Hamzah Sangadji, Letjen TNI Purn Jeffry A. Rahawarin (JAR), Mukti Keliobas dan Azis Samual.

Menyusul kemudian pada Selasa pagi 16 April 2024 bertempat pada Kantor DPD Partai Demokrat Maluku di kawasan Poka, Irjen Pol Purn Murad Ismail (MI) dan Michael Wattimena melalui utusannya datang mengambil formulir pendaftaran balon kepala daerah.

Pada siang hari di tempat yang sama, utusan Letjen TNI Purn JAR turut datangi Kantor DPD Partai Demokrat Maluku untuk mengambil formulir pendaftaran.

Kepastian makin kentalnya aroma "perang bintang" terjadi saat pengambilan formulir pendaftaran balon kepala daerah pada Kantor DPD PDI Perjuangan Maluku di kawasan Karang Panjang, Rabu 17 April 2024.

[cut]

"Sudah ada empat balon gubernur atau wagub yang utusannya datang ambil formulir pendaftaran. Yaitu pak Letjen TNI Purn Jeffry Rahawarin, pak Febry Calvin Tetelepta (FCT), pak Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina (SAL) dan pak Abdullah Vanath (AV)," jelas Wakil Sekretaris DPD PDIP Maluku, Jaffry Taihutu kepada media ini via telepon.

Yang menariknya. Terkini mulai jelas muncul sosok Brigjen TNI Mar Said Latuconsina yang resmi melalui utusannya ikut ambil formulir pendaftaran balon kepala daerah di DPD PDIP Maluku.

Pasalnya, Said Latuconsina saat ini masih aktif sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Dan Lantamal) IX Ambon.

Dengan hadirnya sosok SAL. Suasana bursa balon Pilkada Maluku jadi momen “perang bintang” baik yang sudah purnawirawan maupun masih aktif.

Mengingat background MI sebagai petahana adalah mantan Kapolda Maluku dan Komandan Korps (Dankorps) Brimob Polri, sedangkan JAR pernah jabat Pangdam XVI Pattimura dan Panglima Kogabwilhan III.

Kita tunggu bersama kelanjutannya, endingnya bagaimana, siapa yang lolos? Untuk berkontestasi di Pilkada Serentak pada November 2024 nanti. (novi)

Share:
Komentar

Berita Terkini