GPM Canangkan Pekan Bina Keluarga Rangkaian HUT ke-88

Share:


satumalukuID - Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Pdt ET Maspaitella mencanangkan Pekan Bina Keluarga GPM dalam rangkaian syukur HUT GPM ke-88 pada 6 September 2023.

Adapun Hari Keluarga GPM jatuh pada 30 Agustus 2023.

Rangkaian perayaan itu dilakukan dalam wujud Pembinaan Keluarga (Binakel) sebab rumah dan rumah tangga merupakan tempat kita diperkaya dalam spiritualitas kristiani yang murni.

“Binakel merupakan aktivitas kudus sebagai ibadah keluarga yang melaluinya setiap orang tua menunaikan panggilan kudus selaku guru hikmat yang gemar memberi nasehat, tuntunan dan keteladanan diri yang bersumber dari pola hidup Yesus. Dan anak-anak wajib duduk di sekeliling firman Tuhan, seperti mereka duduk di sekeliling meja makan dan menikmati makanan rohani dan jasmani yang menyehatkan iman,” ungkapnya.

Pencanangan Pekan Bina Keluarga GPM ini dilakukan serentak pada kebaktian Minggu (27/08/2023) di semua gereja dalam wilayah pelayanan GPM baik di Provinsi Maluku maupun Maluku Utara.

Salah satunya di Gedung Gereja Sumber Kasih, Jemaat GPM Passo Utara, Klasis Pulau Ambon Timur.

Kebaktian minggu pencanangan pekan bina keluarga GPM di Gereja Sumber Kasih dipimpin Pendeta Leny Talakua. Pencanangan ditandai dengan penyerahan Alkitab, tampa garam, dan piring natsar kepada perwakilan salah satu keluarga.

Pendeta Talakua menjelaskan makna dari Alkitab sebagai firman Tuhan yang selalu menuntun kehidupan keluarga dalam cintankasih Kristus.

Sementara Tampa garam melambangkan persekutuan cinta kasih yang harmonis dalam keluarga, dan piring natsar melambangkan relasi dengan Tuhan dan sesam ciptaan lainnya yang dibangun atas dasar iman, pengharapan, dan kasih.

"Mari hidupkan dan teruskan kekuatan cinta kasih yang telah diwariskan turun temurun, yang kini hampir pudar di dalam keluarga kita agar keutuhan keluarga tetap terjaga dan terawat sebagai keluarga Allah selama-lamanya," pesan Pendeta Talakua.

Selanjutnya untuk diketahui, tema HUT GPM yang ke-88 tahun 2023 yakni "Bersyukurlah: Jadilah gereja yang  berdoa dan bekerja bersama dalam pelayanan" (Efesus 3:14-21). (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini