Polwan Polda Maluku Sosialisasi Edukasi Menjaga Diri di Sekolah

Share:

Polwan Polda Maluku saat memberikan edukasi menjaga diri kepada siswa sekolah MIT As Salam Ambon.

satumalukuID - Kepolisian Wanita (Polwan) Polda Maluku melaksanakan kegiatan “Polwan Mangente Anak Sekolah” dalam rangka mengedukasi langkah-langkah menjaga diri dari kekerasan.

“Magente anak sekolah” kali kali ini digelar di sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MIT) As Salam Ambon.

"’Mangente anak sekolah’ bertujuan memberikan edukasi dan kesadaran anak-anak terhadap kekerasan,” kata Ps. Panit 2 Unit 1 Subdit 3 Tipidkor Direktorat Krimsus Polda Maluku, Ipda Nurul Hidayati Achmad, di Ambon, Kamis (1/6/2023).

Ia mengatakan, dalam kegiatan ini, Polwan memberikan tips tentang cara menjaga diri dan menghentikan kekerasan terhadap anak.

Melalui presentasi yang menarik dan interaktif, tim Polwan menjelaskan pentingnya anak-anak mengenali tanda-tanda kekerasan, memahami hak-hak mereka, dan berbagi cara untuk melaporkan kekerasan yang dialami.

“Pastinya kami menjelaskannya kepada mereka dengan pilihan bahasa yang mudah dipahami. Mereka juga diajak aktif dan bertanya apa saja kepada Polwan,” ujarnya.

Ipda Nurul berharap, melalui kegiatan ini, anak-anak dapat lebih paham tentang pentingnya menjaga diri dan menghentikan kekerasan.

“Kami ingin menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak-anak. Edukasi ini adalah langkah awal dalam upaya perlindungan mereka,” ucap Nurul.

Sementara itu, KAUR Kesiswaan MIT As Salam, Ustadzah Anti, berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada para siswa-siswi dalam menjaga diri.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, para siswa dan siswi MIT As Salam Ambon dapat memahami betapa pentingnya menjaga keamanan mereka saat berinteraksi dengan dunia maya,” katanya.

Ia mengaku, ingin mencegah para siswa siswi dari korban penindasan, kejahatan seksual atau ancaman lainnya. “Kami berkomitmen untuk terus memberikan edukasi semacam ini guna melindungi generasi muda kita," ujar Anti.

“Kegiatan ‘Polwan Mangente Anak Sekolah’ diharapkan juga dapat terus dilakukan dengan melibatkan lebih banyak sekolah dan anak-anak di berbagai wilayah,” katanya.

Sebanyak kurang lebih 181 orang siswa kelas 4 dan 5 MIT As Salam Ambon mengikuti kegiatan yang juga bertujuan untuk memberikan edukasi pentingnya menjaga diri dan menghentikan segala bentuk kekerasan terhadap anak. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini