Pesepakbola Keturunan Negeri Latuhalat Ambon Masuk Skuad Timnas Belanda

Share:

Tijjani Reijnders dan saat  bersama keluarganya (ayah ibu dan kedua adiknya). -dok-

satumalukuID - Satu lagi pesepakbola muda berdarah Maluku masuk dalam skuad Timnas Belanda. Dia adalah Tijjani Reijnders.

Tijjani dipanggil oleh pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman, untuk memperkuat tim dalam pertandingan semifinal UEFA Nations League melawan Kroasia pada tanggal 15 Juni 2023.

Tijjani Reijnders lahir di Zwolle pada tanggal 29 Juli 1998 dan berusia 24 tahun. Saat ini, dia bermain sebagai gelandang untuk klub AZ Alkmaar di Eredivisie Belanda. Keluarganya memiliki latar belakang sepakbola, ayahnya Martin Reijnders adalah mantan pemain FC Zwolle, sementara adiknya Eliaono Reijnders bermain untuk Jong Utrecht.

Tijjani memiliki darah Indonesia melalui ibunya yang merupakan keturunan Ambon Maluku bernama Angelina Lekatompessy. Kakek buyutnya dari pihak ibu, Etus Lekatompessy dan Mimi Lekatompessy, berasal dari Negeri Latuhalat, kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Keberhasilan Tijjani Reijnders masuk dalam daftar 26 pemain timnas Belanda di bawah asuhan Ronald Koeman tidak terlepas dari penampilan impresifnya bersama AZ Alkmaar. Ia telah bermain dalam 33 pertandingan di Eredivisie Belanda, mencetak 4 gol dan memberikan 6 assist. Kontribusinya yang signifikan membantu timnya mencapai babak semifinal Conference League.

Sebelumnya, Tijjani Reijnders juga menjadi perbincangan terkait kemungkinan mendapatkan kewarganegaraan Indonesia dan bermain untuk timnas Indonesia. Namun, ia menolak tawaran tersebut dengan tegas, menyatakan bahwa dia belum tertarik untuk bermain bagi timnas Indonesia.

Pengumuman resmi mengenai skuad timnas Belanda diumumkan melalui akun Twitter resmi @OnsOranje. Nama-nama pemain bintang seperti Virgil van Dijk, Daley Blind, Nathan Ake, Cody Gakpo, Memphis Depay, Frankie de Jong, Matthijs de Ligt, Georginio Wijnaldum, dan lainnya juga masuk dalam daftar tersebut.

Dengan demikian, Tijjani Reijnders mengikuti jejak para pemain keturunan Maluku lainnya yang telah berhasil masuk ke dalam skuad timnas Belanda, seperti Simon Tahamata, Sonny Silooy, Giovanni van Bronckhorst, Denny Landzaat, Bobby Petta, dan lainnya. (np)


Share:
Komentar

Berita Terkini