Dinsos Maluku Pastikan Penyaluran Bantuan Pangan Tepat Sasaran

Share:

Penyaluran bantuan pangan nasional di Maluku oleh Dinas Sosial didasarkan data penduduk miskin dari BPS, Senin (1/5/2023).

satumalukuID - Dinas Sosial Maluku memastikan penyaluran bantuan pangan nasional kepada masyarakat miskin yang tersebar di sembilan kabupaten dan kota di daerah itu tepat sasaran.

"Targetnya tepat sasaran karena untuk penerima bantuan beras pangan nasional, Dinsos menggunakan data BPS untuk jumlah penduduk miskin yang berhak menerima bantuan," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Dinsos Maluku Buce Sipahelut di Ambon, Senin (1/5/2023).

Bantuan pangan nasional bagi Provinsi Maluku sebanyak 3.856 ton yang diterima oleh 11 kabupaten/kota sesuai dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dibagi berdasarkan kebutuhan untuk daerah masing-masing.

Menurut dia, penyusunan datanya merupakan hasil musyawarah desa untuk menetapkan warga yang masuk kategori miskin dan pendataan secara berjenjang sampai di BPS.

"Makanya mereka bisa menerima bantuan beras pangan nasional selama tiga bulan yang dimulai sejak Maret hingga Mei 2023," ucapnya tanpa merinci total penerima bantuan pangan nasional.

Penyerapan anggaran pada Dinsos Maluku tahun 2023 untuk belanja pegawai serta belanja jasa sudah terealisasi Rp4,418 miliar dari total Rp27,5 miliar.

"Data ini sudah kami sampaikan secara resmi mewakili kadinsos kepada komisi IV DPRD Maluku dalam rapat kerja kemarin," ucap Buce.

Pada pekan kedua April 2023, Pemerintah Provinsi Maluku meluncurkan bantuan pangan nasional dari Kementerian Sosial sebanyak 3.856 ton kepada 11 kabupaten/kota.

Dalam kesempatan itu juga disalurkan 9.985 paket bahan kebutuhan pokok kepada warga yang terdiri atas beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, susu, serta mentega. (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini