Polda Maluku Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an

Share:

Polda Maluku saat peringati malam Nuzulul Quran, di Ambon, Sabtu malam (8/4/2023).
Photo: HO-Polda Maluku/ant

satumalukuID - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar peringatan malam Nuzulul Quran atau turunnya Al Quran di Masjid At'taqwa, Tantui, Kota Ambon, Sabtu (8/4/2023) malam.

Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol Denny Y Putro mengajak seluruh jamaah Shalat Tarawih di Masjid At'taqwa Polda Maluku untuk selalu memberikan penghargaan terhadap Al Quran.

"Al Quran diturunkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala kepada seluruh manusia di muka bumi melalui Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam," kata Denny, di Ambon, Minggu (8/4/2023).

Menurutnya, Al Quran diturunkan di muka bumi sebagai pedoman hidup dan keselamatan bagi manusia baik di dunia dan akhirat.

"Mari kita selalu bershalawat kepada Baginda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam dan dapat menjadikan peringatan Nuzulul Quran sebagai momentum untuk selalu bersnalawat kepada Nabi utusan Allah dan dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ajaknya.

Hikmah peringatan Nuzulul Quran ini juga disampaikan oleh Ustadz Hijerin Aliah, selaku Kordinator Penerangan Agama Islam dan Sistim Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Maluku.

Dalam ceramahnya Ustaz mengajak seluruh jamaah untuk selalu istiqomah menjaga shalat lima waktu karena amalan shalat yang pertama kali akan dihisab.

Ia mengatakan perjalanan hidup manusia seperti arus lalu lintas di jalan raya. Jika ingin arus lalu lintas tertib maka harus ada aturan seperti tanda-tanda lalu lintas.

"Allah Subhanahu Wa Ta'ala  menurunkan Al Quran sebagai pedoman hidup dan aturan kepada manusia agar perjalanan hidup manusia itu tertib dan baik, maka seperti itulah ketetapan Allah terhadap hambaNya agar dapat selamat di dunia dan di akhirat," ucapnya.

Al Quran sebagai pedoman hidup, lanjutnya, jangan dilalaikan atau melupakan untuk menjadikannya sebagai petunjuk keselamatan bagi manusia.

"Nabi juga menganjurkan untuk menamakan anak-anak kita dengan nama yang bersumber dari Al Quran, maka Insya Allah sifat anak kita kelak akan seperti arti dari namanya yang kita ambil dari Al-Quran," katanya.

Para jamaah juga diajak untuk dapat mendidik anak-anak generasi muda dengan Al Quran.  "Sebelum Ramadhan ini berakhir, mari kita fokuskan diri kita dengan mempelajari Al Quran sebab Al Quran adalah sumber keselamatan, sumber pengobatan, dan sumber kebahagiaan diri kita dan keluarga kita," ujarnya. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini