Kendaraan Masuk ke Ambon Hampir Tembus 10 Ribu pada Arus Balik 2023

Share:

Ruas jalan Lampu Lima, Bawah Jembatan Merah Putih Ambon.

satumalukuID - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku mencatat sebanyak 9.773 kendaraan yang masuk ke Kota Ambon saat melakukan penjumlahan lalu lintas untuk untuk arus balik lebaran 2023 di ruas Jalan Lampu Lima.

“Ini rekapitulasi hasil survei pencacahan Lalu Lintas (TC) yang berlokasi di ruas Jalan Lampu Lima (Bawah JMP) arah dari luar kota yang masuk ke Kota Ambon. Tercatat memang hampir 10 ribu,” kata Kepala BPTD Maluku Handa Lesmana, di Ambon, Jumat (28/4/2023).

Ia menyampaikan jumlah tersebut berdasarkan rekapitulasi data terakhir, tercatat ada 9.773 kendaraan yang masuk ke Kota Ambon.

Ia menjelaskan, dari total tersebut, 5.964 di antaranya terdiri atas  kendaraan roda dua. Sementara mobil pribadi berjumlah 1.656 kendaraan.

Selain itu, angkutan kota  yang melintas sebanyak 1.657 kendaraan, mobil pikap 321 kendaraan, bus 4 kendaraan, dan truk sebanyak 171 kendaraan.

“Dari jumlah tersebut, yang paling mendominasi adalah kendaraan sepeda motor,” terangnya.

Lesmana menjelaskan, berdasarkan tabel dan grafik yang ada, komposisi arus lalu lintas tertinggi pada pukul 16.00 WIT sampai dengan 16.30 WIT.

“Di jam-jam itu memang arus lalu lintas di bawah JMP cukup tinggi,” ucapnya.

Ia juga mengaku, sejauh ini berdasarkan hasil pemantauan langsung di lapangan, diketahui bahwa pelayanan dan penyelenggaraan angkutan penyeberangan terpantau tertib dan lancar. 

“Sejauh ini masih aman dan lancar, berjalan tertib. Kami berharap kondisi seperti ini terus terjaga,” harap Lesmana. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini