Distan Pastikan Ketersediaan Pangan di 10 Kabupaten/Kota di Maluku Utara Aman

Share:

Petani asal Malut saat memanen hasil tani, Minggu (26/2/2023).

satumalukuID - Dinas Ketahanan Pangan (Distan) Provinsi Maluku Utara (Malut) memastikan ketersediaan kebutuhan pangan di 10 Kabupaten/Kota di Malut aman dan tercukupi, terutama menjelang bulan Ramadan tahun 2023/1444 Hijriah.

"Untuk ketersediaan, terutama untuk bahan pangan itu dari hasil laporan, di kabupaten/kota tersedia untuk sampai Ramadhan dan lebaran," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Malut, Dheni Than dihubungi, Minggu (26/2/2023).

Dheni menyatakan, Dinas Ketahanan Pangan Malut juga telah melakukan stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) beras, karena hal ini memudahkan jangkauan masyarakat terkait kebutuhan pangan jelang Ramadhan di Maret 2023 nanti.

"Kami juga sudah melakukan monitor di beberapa pasar di Kota Ternate bersama dengan Bulog," katanya.

Selain itu untuk menjaga kestabilan harga, Dinas Pangan Malut juga akan melakukan operasi pasar dan pemantauan harga beras di pasar jelang Ramadan, hal ini berdasarkan rapat koordinasi dengan dinas pangan Kabupaten/Kota dalam rangka monitor SPHP beras pada 9 Februari 2023.

Dinas pangan Malut juga berencana koordinasi untuk melakukan gerakan pangan murah jelang Ramadhan di beberapa di kabupaten/kota di Malut seperti di Kota Ternate, Sofifi, dan Tidore.

"Di Jailolo pada tanggal 20 Februari 2023 kemarin sudah kita lakukan gerakan pangan murah. Untuk kabupaten/kota lain menunggu setelah kita melakukan koordinasi," ujarnya.

"Upaya Distan Malut ini dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan di Malut," katanya lagi.

Sementara itu, Pemkot Ternate siap menjadi pasar sentra produksi pangan asal Pulau Halmahera dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Ternate yang membutuhkan berbagai pasokan pangan dari luar daerah, terutama untuk kebutuhan menjelang Ramadan tahun 2023.

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman menyatakan, Ternate siap menjadi pasar utama bagi produksi pangan asal Halmahera Timur (Haltim) dan petani jangan khawatir, karena Ternate siap jadi pasar utama pasokan pangan dari Haltim.

Wali Kota Ternate mengakui, telah mengunjungi Desa Tutuling Jaya, Kecamatan Wasile Timur guna memastikan sudah sejauh mana petani binaan di desa setempat berproduksi merupakan rangkaian perkuat kerjasama pertanian antara Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Timur. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini