Tim Gabungan Polres Ternate Gagalkan Barang Impor Ilegal

Share:

Aparat kepolisian berhasil menggagalkan sejumlah barang impor masuk ke wilayah Maluku Utara.

satumalukuID - Tim gabungan yang terdiri dari Polres Ternate, Bea Cukai Karantina, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyita sejumlah bahan pangan impor yang diduga ilegal dari China tujuan Lelilef, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara.

"Sementara barang-barang ini kita amankan untuk diinventarisir baik jumlah, dokumen termasuk administrasi," kata Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit di Ternate, Rabu (14/12/2022).

Andik menjelaskan barang ilegal tersebut diamankan petugas pada salah satu tempat jasa pengiriman J&T Cargo yang berada di Gamalama, Ternate Tengah. Pengungkapan ini berawal saat petugas mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya barang-barang yang mencurigakan.

Dari informasi tersebut, personil Polres Ternate langsung mendatangi TKP dan berhasil mengamankan sejumlah barang kebutuhan pokok yang dikirim melalui salah satu ekspedisi jasa pengiriman barang tersebut.

"Sekarang kami sedang menginventarisir barang apa yang ada di sana, kemudian juga berapa jumlahnya serta dokumen yang menyertai barang-barang tersebut," kata Kapolres Andik.

Kapolres memastikan, jika dalam pemeriksaan ini jika ditemukan adanya indikasi pelanggaran, maka pihaknya bakal menindaklanjuti hal tersebut.

Untuk dugaan sementara, kata Andik, barang-barang tersebut ilegal, namun pihaknya belum dapat memastikan karena masih dalam proses pendalaman, termasuk juga memeriksa dokumen-dokumennya.

"Barang yang kami amankan ini pengirimannya dengan tujuan ke Halmahera Tengah (Halteng) lebih tepatnya ke Desa Lelief dan diperkirakan berasal dari China," katanya. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini