Polda Resmikan Operasi Tiga Kapal di Maluku Utara

Share:

Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol Midi Siswoko, S.I.K meresmikan tiga kapal angkut Personil Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) bertempat di Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate.

satumalukuID - Kapolda Maluku Utara (Malut), Irjen Pol Midi Siswoko, S.I.K meresmikan tiga kapal angkut Personil Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) bertempat di Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate.

"Ke depan tantangan tugas kepolisian perairan dan udara (Polairud) akan semakin berat dan kompleks karena pengaruh kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi, sehingga penggunaan tiga kapal ini bisa membantu tugas-tugas kepolisian," kata Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko di Ternate, Senin (19/12/2022).

Hal tersebut berdampak pada terjadinya berbagai permasalahan keamanan di wilayah perairan dengan kondisi letak geografis wilayah Malut yang sebagian besar laut.

Sehingga, dibutuhkan pengamanan untuk memastikan kondisi laut aman dari pelaku kejahatan dan juga memberikan perlindungan dan menjaga sumber daya kelautan yang dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat.

"Dibutuhkan juga peningkatan kemampuan sarana dan prasarana pendukung dalam melaksanakan tugas mengingat wilayah perairan memiliki nilai strategis yang sangat tinggi bagi perekonomian nasional," kata Kapolda.

Untuk itu, Dit Polairud Polda Malut mendapatkan penambahan tiga unit kapal angkut personel yakni kapal klas C2 dengan nama kapal, Kapal Kie Matubu Nomor Lambung 2013, Kapal Gamkonora nomor lambung 2014, kapal Sibela Nomor Lambung 2015.

"Dengan adanya penambahan kapal yang baru dan lebih modern diharapkan dapat memperkuat peralatan yang sudah dimiliki sehingga kedepannya Polairud lebih profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam menjaga Harkamtibmas wilayah perairan Malut," katanya.

Turut Hadir dalam Kegiatan Pejabat Utama Polda Malut, Danlanal Ternate Kolonel Ridwan Azis, Kepala Basarnas kota Ternate Fathur Rahman, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat, Kepala Perikanan Kota Ternate dan Sultan Tidore Husain Sjah. (Abdul Fatah/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini