Korem 152/Baabullah Uji Coba Dua Perahu Cepat

Share:

Personel Detasemen Perbekalan dan Angkutan XVI-44-02 Ternate Korem 152/Baabullah, mengujicoba dua perahu cepat dari Pelabuhan Residen, Ternate, menuju Pelabuhan Maitara di Kecamatan Tidore Utara, Maluku Utara, Senin (26/12/2022).

satumalukuID - Jajaran Detasemen Perbekalan dan Angkutan XVI-44-02 Komando Resimen 152/Baabullah menguji coba dua perahu cepat jenis Rigid Inflatable Boat di Pelabuhan Residen, Ternate, menuju Pelabuhan Maitara Kecamatan Tidore Utara, di Maluku Utara. 

Wilayah tanggung jawab satuan kewilayahan TNI AD ini termasuk yang paling luas perairannya di Tanah Air. Perairan di sana juga dalam dan sangat dipengaruhi musim sehingga wahana angkutan laut sangat penting. 

Perahu cepat ini sekelas dengan perahu cepat yang biasa dipergunakan satuan-satuan khusus TNI. 

Komandan Detasemen Perbekalan dan Angkutan XVI-44-02 Ternate, Letnan Kolonel CBA Mulya, di Ternate, Senin (26/12/2022), mengatakan, dua perahu cepat dari karet ini merupakan perlengkapan dari Kodam XVI/Pattimura untuk mendukung pelaksanaan tugas jajaran Korem 152/Baabullah. 

"Maluku Utara terdiri dari pulau-pulau, sehingga sangat cocok jenis kapal ini karena memiliki stabilitas yang cukup baik, dan ini merupakan salah satu armada untuk memperlancar tugas-tugas kami, baik itu untuk dukungan personel maupun material khususnya logistik dan juga dalam rangka membantu masyarakat, pemerintah serta operasi SAR apabila dibutuhkan," ujarnya.

Uji coba dipimpin langsung Komandan Korem 152/Baabullah, Brigadir Jenderal TNI Novi Rubadi Sugito. Personel detasemen perbekalan dan angkutan ini bertindak sebagai pengawak.

Perahu cepat ini dilengkapi dua mesin dengan kapasitas masing-masingnya 300 PK, kecepatan hingga 40 knot serta dilengkapi dengan peralatan modern seperti perlengkapan komunikasi, navigasi GPS, dan alat keselamatan lain. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini